Soal Tragedi Kanjuruhan, PT LIB - Indosiar Saling Tuding Jadwal Arema vs Persebaya

  • Arry
  • 12 Okt 2022 09:51
Tragedi Kanjuruhan menewaskan lebih dari 130 orang(polri/polri.go.id)

PT Liga Indonesia Baru dan Stasiun TV Indosiar saling tuding soal jadwal pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya yang digelar pada Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 20.00 WIB.

Operator Liga Indonesia itu menyampaikan duel Arema vs Persebaya terpaksa bermain malam karena permintaan broadcaster, yakni Indosiar. Namun, klaim itu dibantah pihak Indosiar. Padahal pertandingan ini masuk dalam kategori high risk.

Duel Arema vs Persebaya itu pun akhirnya timbul tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan. Sebanyak 132 orang tewas dalam insiden tersebut.

Hal tersebut diungkapkan anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF Tragedi Kanjuruhan, Rhenald Kasali usai meminta keterangan dari pihak PT LIB pada Rabu, 12 Oktober 2022.

"PT LIB mengatakan broadcaster mintanya begitu, harus dipenuhi. Menurut PT LIB. Mereka mengatakan (pertandingan tetap digelar malam), karena broadcaster minta tetap main," kata Rhenald Kasali.

Namun pengakuan PT LIB ini bertolak belakang dengan kesaksian dari Indosiar. Direktur Programing Indosiar Harsiwi Achmad menjelaskan, penyusunan jadwal pertandingan Liga 1 disusun oleh PT LIB.

"Tapi sekali lagi, tadi kami menjelaskan bahwa jadwal tayang itu sudah disusun dari awal oleh PT LIB dikoordinasikan dengan Indosiar," kata Harsiwi setelah memberikan keterangan kepada TGIPF Tragedi Kanjuruhan di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

"Kemudian dalam perjalanannya pasti terjadi dinamika dan ending-nya memang PT LIB yang menentukan jadwal tayang. Kemudian Indosiar harus mengikuti jadwal tayang tersebut," jelas Harsiwi.

Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, saat ini sudah ditetapkan sebagai satu dari enam tersangka. Dia dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab karena membiarkan Stadion Kanjuruhan dipakai meski terakhir diverifikasi pada 2020.

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait