Terima Didakwa Tembak Brigadir J, Bharada E Minta Hakim Hadirkan Ferdy Sambo

  • Arry
  • 18 Okt 2022 12:01
Richard Eliezer Pudihang Lumiu, terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Yosua(tangkapan layar/youtube)

Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E menerima dakwaan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum atau JPU atas perkara pembunuhan berencana Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Eliezer pun tidak mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan. Dia meminta agar persidangan langsung dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi.

"Ada beberapa catatan kami penasihat hukum di sini dakwaannya sudah cermat tepat. Kami putuskan untuk tidak ajukan eksepsi," kata pengacara Bharada E, Ronny Talapessy, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa, 18 Oktober 2022.

Ronny pun meminta agar majelis hakim menghadirkan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf sebagai saksi untuk Bharada E.

"Kami meminta agar Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf untuk dihadirkan sebagai saksi," ujarnya.

Baca juga
Serangan Balik Bharada Eliezer: Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Bukan Hajar

Namun permintaan itu ditolak Majelis Hakim. Hakim menilai, saksi tidak bisa dihadirkan dalam persidangan hari ini. Hakim berjanji akan menghadirkan Ferdy Sambo Cs pada agenda persidangan berikutnya.

Dalam persidangan, Richard Eliezer didakwa bersama-sama dengan Ferdy Sambo melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," kata jaksa saat membacakan surat dakwaan di PN Jakarta Selatan.

Peristiwa pembunuhan Brigadir J tersebut terjadi pada Jumat, 8 Juli 2022, sekitar pukul 15.28 WIB sampai 18.00 WIB di Jalan Saguling 3 Nomor 29 dan Kompleks Polri Duren Tiga Nomor 46 (selanjutnya disebut Rumah Saguling dan Rumah Dinas Duren Tiga). Namun awal peristiwa bermula di Perum Cempaka Residence Blok C III, Kabupaten Magelang, yang merupakan rumah Ferdy Sambo (selanjutnya disebut sebagai Rumah Magelang).

Baca juga
Ferdy Sambo Bekali Bharada E Sekotak Peluru Untuk Bunuh Brigadir J Disaksikan Putri

Pada 8 Juli 2022 dini hari Putri Candrawathi menelepon suaminya, Ferdy Sambo. Dia menceritakan apa yang dilakukan Yosua terhadapnya.

"Mendengar cerita tersebut, Ferdy Sambo menjadi marah namun Putri berinisiatif meminta kepada Ferdy Sambo untuk tidak menghubungi siapa-siapa, dengan perkataan 'Jangan hubungi ajudan', 'Jangan hubungi yang lain, mengingat rumah di Magelang kecil dan takut ada orang lain yang mendengar cerita tersebut dan khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan mengingat Yosua memiliki senjata dan tubuh lebih besar dibanding dengan ajudan yang lain'," kata jaksa.

"Mendengar cerita sepihak yang belum pasti kebenarannya tersebut membuat Ferdy Sambo menjadi marah namun dengan kecerdasan dan pengalaman puluhan tahun sebagai seorang anggota kepolisian sehingga Ferdy Sambo berusaha menenangkan dirinya lalu memikirkan serta menyusun strategi untuk merampas nyawa Yosua," ucap jaksa.

Rombongan Putri Candrawathi pun kembali ke Jakarta pada 8 Juli 2022.

Saat rombongan sudah tiba di Jakarta, Ferdy Sambo sempat memanggil Bripka Ricky Rizal di rumah Saguling. Dia meminta agar Ricky menembak Yosua, alasannya ajudannya itu telah melakukan pelecehan kepada Putri Candrawathi.

Baca juga
Putri Candrawathi Ungkap Kejadian Bersama Brigadir J di Kamar Selama 15 Menit

Permintaan Ferdy Sambo ditolak Bripka Ricky. Ricky kemudian diminta untuk memanggil Eliezer. Ferdy Sambo pun meminta hal yang sama kepada Eliezer.

Permintaan jenderal bintang dua itu pun disanggupi Eliezer.

Hingga akhirnya Putri Candrawathi yang juga berada di rumah Saguling mengajak Yosua, Eliezer, Ricky, dan Kuat Ma'ruf berangkat ke rumah dinas Duren Tiga. Ferdy Sambo kemudian menyusul belakangan.

Di rumah Duren Tiga itu pun terjadi eksekusi terhadap Yosua.


Selanjutnya Ferdy Sambo ikut eksekusi Yosua >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait