Menjijikkan, UNICEF Sebut 70% Air Minum di RI Tercemar Limbah Tinja

  • Arry
  • 22 Okt 2022 12:33
Ilustrasi air minum(Anderson Rian/unsplash)

Badan PBB yang mengurusi kesejahteraan anak-anak atau UNICEF mengungkapkan 70 persen air minum dalam rumah tangga di Indonesia tercemar limbah tinja.

Dalam penelitian yang dilakukan UNICEF pada awal 2022, disebutkan 70 persen dari 20.000 sumber air minum rumah yang yang diuji di Indonesia telah tercemar limbah tinja.

Hal ini turut menyebabkan penyebaran penyakit diare, yang menjadi penyebab utama kematian balita.

Melalui kampanye bertajuk #DihantuiTai, UNICEF menyerukan kepada rumah-rumah tangga Indonesia untuk memasang, memeriksa, atau mengganti tangki septiknya serta rutin menguras tangki minimal satu kali setiap tiga hingga lima tahun.

Baca juga: Catat, Ini Daftar 102 Obat Sirup yang Dilarang Dikonsumsi dan Beredar

“Sanitasi yang aman bisa mengubah kehidupan anak-anak dan membuka kesempatan untuk mereka mewujudkan potensi dirinya,” ujar Perwakilan Sementara UNICEF Robert Gass dikutip dari laman UNICEF.

“Sayangnya, ada begitu banyak anak yang tinggal di daerah-daerah terdampak sanitasi tidak aman dan hal ini mengancam setiap aspek pertumbuhan mereka,” ujarnya.

Wash Spesialis UNICEF Indonesia, Maraita Listyasari, uga mendorong perlu perilaku perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Bicara ini agak menyedihkan karena benar, datanya dari Kemenkes. Menyatakan bahwa air dari rumah tangga hampir 70% tercemar limbah tinja," kata Maraita.

Baca juga: Usai Makan, Hindari Minum 5 Minuman Ini

"Untuk meminimalisasi terjadinya penyakit pastikan toilet di rumah terhubung dengan sistem perpipaan atau WC. Kemudian, sedot 3-5 kali setahun dan jangan tunggu sampai penuh," jelasnya.

"Virus bakteri bisa lewat mana saja, kalau sanitasi tidak dikelola dengan baik, maka pencemaran bisa terjadi di mana pun. WHO menunjukkan alur penyakit ini bisa masuk ke tubuh manusia, dari jari, lalat yang hinggap di makanan, lahan atau tanah, cairan dan makanan," ujarnya.

"Saat Covid-19, perilaku PHBS meningkat, maka perlu ditingkatkan lagi dengan cuci tangan di air yang mengalir. Kemudian, mencuci tangan dengan bersih, serta membersihkan kamar mandi dan toilet," ujarnya.

Baca juga: Daftar Mobil yang Bakal Dilarang Minum Pertalite: Avanza Hingga Xpander

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait