Virus Covid-19 Masih Mengancam tapi Ada Ancaman Covid-22, Apa Itu?

  • Arry
  • 26 Agt 2021 16:19
Virus Corona(geralt/pixabay)

Pandemi Covid-19 belum juga usai. Namun, kini sudah ada ancaman baru lagi yakni Covid-22. Disebut-sebut, virus baru itu lebih buruk dan bahaya dari corona varian Delta yang kini menjadi ancaman.

Covid-22 ini bukanlah istilah resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ini juga tidak ada dalam pengkajian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) atau organisasi ilmiah lainnya.

Istilah Covid-22 dilontarkan pertama kali oleh Sai Reddy. Dia adalah seorang Profesor Imunologi dari Universitas ETH yang berbasis di Zurich, Swiss.

Baca Juga:
Corona Belum Usai Kini Hadir Virus Ganas Marburg, Kenali Gejalanya

Dalam wawancara dengan koran berbahasa Jerman-Swiss, Blick, Reddy mengklaim Covid-22 lebih berbahaya daripada mutasi yang diketahui seperti strain Delta dan Delta Plus.

"Covid-22 bisa menjadi lebih buruk daripada yang kita saksikan sekarang. Jika varian seperti itu muncul, kita harus mengenalinya sedini mungkin dan produsen vaksin harus mengadaptasi vaksin dengan cepat. Varian baru ini adalah resiko besar. Kita harus bersiap untuk itu," kata Reddy, sebagaimana dikutip Forbes, Kamis (26/8/2021).

Wawancara Reddy terkait pandemi ini memunculkan kehebohan. Menurut terjemahan, wawancara berjudul "Covid-22 akan lebih buruk" ini kemudian memantik polemik hingga di media sosial.

Baca Juga:
Penghina Vaksin Covid-19 Meninggal Karena Virus Corona

Namun virologis dari Universitas Warwick, Profesor Lawrence Young, menyebut perkiraan tersebut masih terlalu dini. Menurutnya mutasi kombinasi strain dari berbagai varian virus yang ada saat ini sangat kecil kemungkinannya.

"Covid-22 menakutkan (karena) sangat spekulatif," katanya. "(Namun) tidak berarti bahwa kita harus lengah tentang generasi varian baru. Kita telah belajar keras tentang dampak dari (virus corona) varian Alpha dan Delta."

"Cara terbaik untuk menghentikan varian apapun agar tidak berkembang adalah dengan menghentikan virus yang menginfeksi orang dan menyebar dan di situlah vaksinasi masuk. Kita sangat perlu membuat dunia divaksinasi," tambahnya.

Baca Juga:
Heboh TKA China Kuliti dan Makan Buaya yang Dilindungi di Konawe

Setelah ramai di media sosial, Reddy mengklarifikasi komentar wawancaranya. Ia mengatakan ada kesalahan penafsiran saat wawancara dengan Blick.

"Saya ingin mengambil kesempatan untuk mengklarifikasi di sini. Tidak tepat menyebutnya Covid-22, karena nama resmi dan benar penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 adalah Covid-19," kata Reddy, dikutip dari Inews UK.

"Untuk memperjelas pernyataan saya dimaksudkan untuk menyampaikan bahwa saya percaya Covid pada tahun 2022, khususnya awal tahun (Januari - Maret) memiliki peluang lebih buruk dari tahun ini, Covid pada tahun 2021."

Reddy memaparkan konteks lengkap mengapa ia percaya hal ini. Menurutnya, didasarkan pada faktor-faktor munculnya varian baru yang lebih ganas, mutasi yang menyebabkan lonjakan kasus, tidak meratanya vaksinasi dan pelonggaran pembatasan dapat membuat pandemi lebih lama lagi, dan bahkan menimbulkan varian yang jauh lebih ganas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait