Kisah WNI Lolos Maut Tragedi Halloween di Itaewon: Chaos, Berebut Oksigen

  • Arry
  • 31 Okt 2022 10:08
Insiden Itaewon, Seoul, Korea Selatan: 146 orang tewas saat pesta Halloween(news sky/news.sky.com)

Pesta Halloween yang digelar di Itaewon, Seoul, Korea Selatan berujung bencana. Sebanyak 154 orang tewas dalam acara yang digelar pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Festival Halloween Itaewon tidak hanya dihadiri penduduk lokal. Tetapi juga menarik perhatian warga negara lain. Dua WN Indonesia juga menjadi korban yang menderita luka-luka dalam insiden tersebut.

Ada pula WN Indonesia lain yang berhasil lolos dari tragedi Itaewon. Salah satunya adalah pemilik akun TikTok @alleciangeline.

Baca juga: Update Tragedi Halloween Itaewon: 355 Hilang, 151 Tewas, 2 WNI Luka-luka

Cia menceritakan dia hadir di Itaewon bersama dengan beberapa temannya. Dia pun mengisahkan peristiwa horor di Itaewon pada Sabtu, 29 Oktober 2022 malam.

"Akhirnya aku udah sampai di hotel setelah drama cari taksi susah banget. Ya sebenarnya kita sudah mau pulang dari tadi cuma kereta itu udah enggak ada, bus juga nggak ada. Nyari taksi juga susah banget karena yang datang ke Itaewon itu banyak banget," kata Cia membuka video yang diunggah di akun TikTok pribadinya.

Menurut Cia, warga di Korea memang kerap merayakan pesta Halloween di Itaewon. Namun dalam tiga tahun terakhir, pesta itu ditiadakan gegara pandemi Corona. Dan baru kembali digelar pada tahun ini.

"Mungkin karena udah kekurung 2 tahun selama Covid nggak bisa party di Itaewon pas lagi Halloween, itu tuh jadi ramai banget di Itaewon, benar-benar," ujarnya.

"Kalau kalian lihat video sebelum ini, keluar kereta aja, mau keluar stasiun itu udah padat banget, sesak banget, dan udah keluar station kita mau ke daerah-daerah toko-tokonya itu juga udah padat banget, susah banget jalan," terang Cia.

Cia menjelaskan, apa yang terjadi di Itaewon bukanlah kerusuhan atau adanya pertengkaran. Namun karena murni banyaknya masyarakat yang hadir di Itaewon.

Akibatnya, menimbulkan kepadatan dan membuat orang berdesakan. Saking padatnya, badan akan secara otomatis terdorong ke depan karena adanya dorongan-dorongan dari belakang.

"Chaos pokoknya. Lo nggak usah jalan, nggak usah merangkak ke depan, itu tuh udah ada orang yang dorong dari belakang. Jadi kayak yaudah lu ikut alur ke mana saja deh," ujarnya.

"Dan untungnya aku jalan di sebelah kanan, dan masih kayak ada ruang terbuka di sebelah kanan itu buat orang-orang jualan face painting apa segala jadi kayak nggak terlalu sesak, nggak terlalu berebutan oksigen banget karena ada oksigen dari sebelah kanan gitu," jelas Cia.

Kisah WNI lolos dari Tragedi Halloween Itaewon

Selain Cia, pemilik akun Instagram @doktermedok juga membagikan kisahnya saat berada di Itaewon.

    Kisah WNI saat Tragedi Halloween Itaewon

"Malam tadi memang uda plan hangout ke Itaewon. Utk cari dinner & liat keseruan halloween (penasaran ama kostum-kostum gokilnya) Begitu sampe di stasiun Itaewon, rameenya uda gila bener," tulis dokter Adiran Setiaji di story Instagram.

"Dan ternyata sampai di jalanan Itaewon terutama gang area clubnya. Awalnya sih masi mikir kalau, mungkin Halloween emang serame ini ya. Tapi lama-lama mulai ngga make sense, sampaii bener-bener stuck untuk jalan & desak-desakan parah. Akhirnya mutusin utk pindah tempat dari Itaewon dan makin malam (aku pulang jam 21.30/22.00) makin parah lagi ramenya," tulis dokter Adrian Setiaji.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait