Ricky Rizal Transfer Rp200 Juta dari Rekening Yosua Atas Perintah Putri Candrawathi

  • Arry
  • 22 Nov 2022 08:35
Putri Candrawathi saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan(@pnjakartaselatan/youtube)

Tabungan milik Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat sebesar Rp200 juta berpndah tangan ke rekening Bripka ricky Rizal. Perpndahan uang itu terjadi beberapa hari setelah Yosua tewas ditembak.

Pegawai BNI, Anita Amalia, mengungkapkan perpindahan uang dari rekening Yosua ke rekening Ricky Rizal. Menurutnya, perpindahan dilakukan menggunakan mobile banking.

"Rekening koran tanggal 11 Juli dari rekening Ricky Rizal ada uang masuk pemindahan dari (menyebut nomor rekening) rekening atas nama Nofriansyah Yosua sebesar Rp 100 juta sebanyak dua kali di tanggal yang sama, jadi total Rp 200 juta," kata Anita.

Untuk diketahui, Brigadir Yosua tewas ditembak pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Ferdy Sambo. Transaksi itu terjadi tiga hari setelah Yosua tewas ditembak.

Baca juga
Duit Rp200 Juta Berpindah ke Rekening Ricky Rizal Usai Brigadir J Tewas, Ini Caranya

Anita Amalia mengungkapkan hal tersebut saat bersaksi dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua dengan terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 21 November 2022.

Dalam persidangan, Anita mengakui, aliran dana tersebut terungkap dari transaksi di rekening Ricky Rizal. "Ketika di-BAP ditanyakan transaksi-transaksi yang ada di rekening saudara Ricky Rizal," ujar Anita.

Hakim kemudian bertanya soal mekanisme pemindahan dana tersebut.

"Itu melalui net banking atau m banking," ujar Anita.

Namun saat ditanya hakim berapa jumlah uang di rekening Yosua, Anita mengaku tidak mengetahuinya. Sebab, dia hanya memiliki kuasa untuk membuka rekening milik Ricky Rizal.

"Saya nggak tahu, saya nggak ada kuasa buka berkas data nasabah yang saya punya kuasa hanya saudara Ricky Rizal saja," ujarnya.

"Selain uang Rp 200 juta yang masuk ke rekening Ricky ada uang apalagi di antara tanggal 8 (Juli) ke atas?" tanya hakim.

"Kalau uang masuk tidak ada lagi," ucapnya.

Anita juga menjelaskan, ada sejumlah transaksi keluar untuk pembayaran rekening listrik hingga belanja online.

Hakim kemudian kembali bertanya apakah Anita mengetahui pada 11 Juli tersebut Yosua sudah meninggal dunia.

"Saudara tahu 11 Juli Yosua sudah dimakamkan?" tanya hakim.

"Nggak tahu. Tahunya setelah ada berita," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait