Soal badai dan Banjir Besar 28 Desember 2022, BMKG: Berpotensi Terjadi 30 Desember

  • Arry
  • 28 Des 2022 06:37
Ilustrasi hujan (@OsmanRana/unsplash)

Beredar informasi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN memprediksi bakal terjadi badai hingga banjir besar di Jabodetabek pada 28 Desember 2022. Namun BMKG memiliki pendapat berbeda.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan, peluang terjadinya badai dahsyat pada 28 Desember 2022 kecil terjadi.

"Berdasarkan Prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dikutip dari laman BMKG.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

Baca juga
BRIN Sebut Potensi Banjir Besar di Jabodetabek 28 Desember: Sudah Terbentuk Tol Hujan

Fachri mengatakan peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022.

Terkait badai, ia menjelaskan lebih lanjut istilah tersebut agar masyarakat memiliki pandangan yang sama soal terminologi tersebut.

"Badai menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot," kata dia.

BMKG pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus memperbaharui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," kata Guswanto.

Baca juga
Jabodetabek Terancam Badai Hingga Banjir 28 Desember, Heru Budi: Karyawan Diimbau WFH

Ancaman cuaca ekstrem di Jabodetabek diungkapkan Peneliti klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin.

"Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Erma dalam unggahannya di Twitter.

"Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut. Dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022," katanya.

"Konvergensi di darat pun akan masif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan meluas. Menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat," katanya.

Baca juga: BPOM: 509 Obat Cair Aman dari Zat Penyebab Ginjal Akut, Ini Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait