Heboh Sebut Presiden Jokowi Firaun, Cak Nun Ngaku Kesambet

  • Arry
  • 18 Jan 2023 16:45
Budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun(ist/ist)

Budayawan Emha Ainun Nadjib membuat heboh usai pernyataannya viral di media sosial. Sosok yang biasa disapa Cak Nun itu diketahui menyebut Presiden Jokowi sebagai Firaun dan Menko Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Hammam.

Cak Nun menanggapi banyaknya kecaman yang dialamatkan ke dirinya. Menurutnya, dia mengaku kesambet saat melontarkan ucapan Indonesia dikuasai Firaun yang namanya Jokowi.

"Itu saya kesambet. Kui aku ra duwe rencana, moro-moro cangkeme makpecotot Firaun, Hammam, Qorun kui. (Ketika itu aku tidak ada rencana mau berbicara Firaun. Tiba-tiba keluar dari mulutku tentang Firaun, Hammam dan Qorun itu)," kata Cak Nun saat berbicara di Macapat Syafaat dan Tawashshulan di Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul, Selasa, 17 Januari 2023.

"Itu di luar rencana saya dan sama sekali di luar kontrol saya. Maka tadi saya bikin video sama Sabrang. Judulnya 'Mbah Nun Kesambet'. Tolong dibaca (ditonton videonya)," imbuh Cak Nun.

Baca juga
Putri Candrawathi Dituntut 8 Tahun Penjara

"Ketika sedang indah-indahnya Maiyah, ketika sedang puncak-puncaknya hidayah Allah menabur ke Maiyah, saya sendiri yang keblondrok. Artinya saya dikasih ujian oleh Allah yang sangat luar biasa. Meneng-meneng aku ki ngomong hal tentang Firaun," ujarnya.

"Pertanyaannya kita belum tahu sekarang itu hidayah dari Allah, apa saya disesatkan iblis, apakah saya dilulu oleh dajjal atau siapa, saya belum tahu. Nanti kita lihat berikutnya akan terjadi apa," ungkap Cak Nun.

"Seng nyambet ki iblis opo malaikat po sopo aku ra reti. Pokoke saya tiba-tiba makbedunduk koyo ngono kui dan saya dinesoni wong sakmono okehe, sak Indonesia. (Yang menyambet itu iblis apa malaikat saya tidak tahu. Saya tiba-tiba saja berbicara seperti itu. Saya dimarahi orang banyak, se Indonesia)," tutur Cak Nun.

Baca juga
Bharada E Dituntut 12 Tahun Penjara

"Saya tawakal kepada Allah, arep ngopo wae. Saya tidak marah kepada siapapun yang menghina saya yang merendahkan saya, tidak. Sampai hari inipun saya bersyukur kepada Allah karena saya tidak punya kebencian kepada mereka semua yang menghina saya. Sampai hari ini. Jadi di puncak kesengsaraan ini saya dikasih ujian terberat oleh Allah," urai Cak Nun.

Untuk diketahui, pernyataan Cak Nun soal Jokowi sebagai Firaun dan Luhut sebagai Hammam itu viral dalam sebuah cuplikan video.

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, oleh Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 naga. Terus Hammam yang namanya Luhut," kata Cak Nun dalam video viral.

"Negara kita sesempurna dicekel oleh Firaun, Hammam, dan Qorun. Itu seluruh sistemnya, seluruh perangkatnya, semua alat-alat politiknya sudah dipegang mereka semua. Dari uangnya, sistemnya, sampai otoritasnya, sampai apapun," ucap Cak Nun.

Baca juga: Tips 5 Cara Mudah Tidur Nyenyak di Pesawat Saat Perjalanan Jauh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait