Politisi Golkar Erwin Aksa Ungkap Anies Baswedan Utang Rp 50 Miliar ke Sandiaga Uno

  • Arry
  • 6 Feb 2023 12:21
Mantan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno(@aniesbaswedan/instagram)

Anies Baswedan disebut memiliki utang Rp 50 miliar ke Sandiaga Uno. Uang itu dipinjam Anies saat keduanya maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2017.

Hal tersebut diungkap Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Erwin Aksa, saat diwawancara dalam YouTube Akbar Faizal Uncensored yang diunggah pada Minggu, 5 Februari 2023. Menurutnya, utang Anies ke Sandiaga dituangkan dalam sebuah perjanjian.

Dalam podcast itu awalnya Akbar Faizal menanyakan soal perjanjian politik dalam pemilu. Erwin kemudian mengungkap soal kebutuhan uang demi kelangsungan di dunia politik.

Erwin pun membuka soal kejadian saat Pilgub DKI Jakarta 2017. Menurutnya, ada perjanjian politik antara Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang maju dalam Pilgub DKI. Tak hanya perjanjian politik, tetapi juga ada perjanjian utang.

Baca juga
Prabowo Minta Kader Kalau Mau Keluar yang Baik, Sindir Sandiaga Uno?

"Saya baru tahu juga memang, itu memang waktu putaran pertama (Pilkada DKI 2017), ya. Logistik juga susah. Jadi yang punya logistik kan Sandi, Sandi kan banyak saham, likuiditas bagus, dan sebagainya," kata Erwin.

"Ya ada perjanjian satu lagi, yang saya kira itu yang ada di Pak Rikrik itu," kata Erwin.

Erwin menjelaskan, surat perjanjian itu disusun oleh Rikrik Rizkiyana, pengacara Sandiaga Uno.

"Intinya kalau tidak salah itu perjanjian utang piutang, barangkali ya. Ya, yang pasti yang punya duit memberikan utang kepada yang tidak punya duit. Kira-kira begitu. Karena yang punya likuiditas itu Pak Sandi kemudian memberikan pinjaman kepada Pak Anies," ujarnya.

Baca juga
Heboh Pemimpin Rambut Putih: Ganjar Pranowo Kini Berambut Hitam, Anies Cukur Rambut

"Karena waktu itu putaran pertama, kan, namanya juga lagi tertatih-tatih waktu itu. Jadi kira-kira begitu. Yang itu saya lihat, dan itu ada di Pak Rikrik. Nilainya berapa, Rp50 miliar barangkali," beber Erwin.

"Apakah sudah lunas?," tanya Akbar Faizal.

"Saya kira belum, barangkali, ya," kata Erwin.

Belum ada tanggapan dari Anies Baswedan soal utang Rp 50 miliar ke Sandiaga Uno tersebut.

Artikel lainnya: 2 Kasus Gagal Ginjal Ditemukan Lagi, 1 Meninggal: Kemenkes Sebut Gegara Obat Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait