Guru di Cirebon Dipecat Gegara Kata Maneh ke Ridwan Kamil, Ini Duduk Masalahnya

  • Arry
  • 16 Mar 2023 17:06
Muhammad Sabil Fadillah dipecat sebagai guru honorer di SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon usai komentar Maneh di Instagram Ridwan Kamil(ist/ist)

Seorang guru honorer di Cirebon bernama Muhammad Sabil dipecat dari SMK Telkom Sekar Kemuning. Gegaranya komentar 'maneh' di akun Instagram Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kasus ini bermula saat Sabil memberikan komentar saat Ridwan Kamil berkomunikasi dengan para siswa SMP di Tasikmalaya dengan menggunakan zoom meeting pada Selasa, 14 Maret 2023.

Saat komunikasi dengan murid SMP itu, Kang Emil mengenakan jas berwarna kuning. Hal inilah yang memicu Sabil mengetik komentar di unggahan Ridwan Kamil.

"Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi gubernur Jabar ato kader partai ato pribadi @ridwankamil???" demikian bunyi dari komentar Sabil.

"Secara sadar saya tahu 'maneh' kasar dalam bahasa Sunda terutama kepada yang lebih tua, tapi 'maneh' kepada baraya mah biasa aja menggunakan diksi 'maneh' ka RK, saya sih berpikir RK mah kan friendly kepada followers-nya," kata Sabil.

Baca juga
Uniknya Istilah Jatuh di Bahasa Sunda, dari Tikusruk Hingga Tijengkang

Sabil mengakui, komentarnya itu untuk mengritik Ridwan Kamil. Sebab, jas warna kuning yang dipakai Kang Emil identik dengan partai politik, terutama Partai Golkar yang kini telah menjadi payung bagi mantan Wali Kota Bandung itu.

"Saya juga kritik RK, pakai jas kuning di depan pendidikan," ucap dia.

Ridwan Kamil Pin dan Tandai Komentar Sabil

Komentar Sabil itu kemudian banyak balasan. Baik dari netizen maupun dari Ridwan Kamil sendiri. Sang pemilik akun pun me-pin komentar Sabil itu di urutan teratas.

"Memang dibalas juga oleh Ridwan Kamil, dengan balasan 'menurut maneh kumaha' (menurut kamu bagaimana)?" kata Sabil.

Tak hanya itu, Sabil menjelaskan, Ridwan Kamil juga mengirimkan pesan ke sekolah tempat dia mengajar.

"Lalu RK nge-DM IG sekolah aku untuk ngasih peringatan ke aku," kata dia.

"Akun RK ngasih tahu screenshot komentar saya. Terus dia nanya 'guru itu seperti apa? Seperti inikah guru?" ujar Sabil.


Selanjutnya Sabil dipecat SMK Telkom Sekar Kemuning >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait