Beredar Video Pengakuan Kebocoran Dokumen KPK: Pak Menteri Dapat dari Pak Firli

  • Arry
  • 11 Apr 2023 08:59
Gedung KPK(PSHK/pshk.or.id)

Kasus dugaan kebocoran dokumen penyelidikan korupsi di Kementerian ESDM yang ditangani KPK bikin heboh. Usai rekaman suara, kini beredar rekaman video yang berisi pengakuan terkait asal mula dokumen tersebut didapat ESDM.

Video berdurasi 26 detik tersebut viral di media sosial dan di-retweet oleh dua mantan penyidik KPK yakni Novel Baswedan dan Yudi Purnomo.

Dari rekaman video itu terlihat boks berisi sejumlah dokumen. Video ini tak menampilkan secara utuh para pihak yang terlibat pembicaraan.

Namun terlihat jelas ada salah satu orang yang mengenakan arloji di tangan kanannya dan tak bersarung tangan, mengambil berkas di dalam boks. Seorang lainnya terlihat mengenakan sarung tangan warna hitam.

Baca juga
Beredar Rekaman Penyidik KPK Berseteru Hingga Walk Out Saat Rapat dengan Firli Bahuri

Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo menjelaskan kebiasaan timnya dahulu menggeledah suatu instansi.

"Pengalaman saya ini suasana saat penyidik KPK geledah, memakai sarung tangan, dan situasinya sedang menginterogasi pemilik barang bukti yang ditemukan untuk ditanya dokumen dokumen itu terkait apa dan mengapa bisa ada di dia, siapa yang ngasih," ucap Yudi melalui akun Twitternya dikutip Selasa, 11 April 2023.

Saat kedua sosok di video memilah dokumen, terdengar seorang pria menjelaskan tentang satu dokumen. Nama Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri pun disebut oleh salah seorang sosok di video tersebut.

Berikut transkrip percakapan pria tersebut:

Oh ini, ini yang saya cerita tadi nih.
.... enggak usah diinfoin.
Iya, saya disebut di sini, iya.
Itu dari Pak Menteri dapatnya dari Pak Firli, dari Pak Firli dapatnya.
Sebaiknya jangan, deh. Sensitif.

Belum diketahui siapa pria yang memeriksa dokumen dan pria yang mengatakan hal tersebut.

Selanjutnya tanggapan KPK >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait