Kisah di Balik Megawati Pilih Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP

  • Arry
  • 22 Apr 2023 12:35
Ketua Umum PDI Perjuangan memilih Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP untuk Pilpres 2024(ist/ist)

Megawati Soekarnoputri akhirnya memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau Capres dari PDI Perjuangan. Gubernur Jawa Tengah itu dipercaya bertarung dalam Pilpres 2024.

Pemilihan Ganjar Pranowo ini diumumkan Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, pada Jumat, 21 April 2023. Dalam acara itu dihadiri pula Presiden Joko Widodo, Puan Maharani, Hasto Kristiyanto, dan Olly Dondokambey.

Bagaimana akhirnya Megawati memilih Ganjar? Padahal sebelumnya berkembang Ketua Umum PDI Perjuangan itu bakal mengusung anaknya, Puan Maharani sebagai Capres dari PDIP.

"Oleh kongres kelima PDIP saya telah mendapat mandat dan hak prerogatif untuk menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh PDIP," kata Megawati.

"Tugas dan tanggung jawab saya tersebut tidaklah sebuah hal yang ringan. Karena itulah saya gunakan seluruh akal budi dan mata hati dan pikiran," terang Megawati.

Baca juga
Megawati Resmi Umumkan Ganjar Pranowo Capres PDI Perjuangan

Menurut Megawati, dirinya sempat berbicara langsung dengan sejumlah pihak sebelum akhirnya menentukan untuk memilih Ganjar Pranowo.

"Saya berdialog termasuk dengan Pak Jokowi termasuk jajaran internal partai, termasuk Mas Prananda Prabowo dan Mbak Puan Maharani kader dan petugas partai yang telah lama digembleng jadi pemimpin," kata Megawati.

"Dengan sebuah kontemplasi proses panjang tersebut, setelah selama ini memikirkan melihat dan mencermati apa yang telah jadi harapan rakyat serta petunjuk Allah, maka pada hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang non diskriminatif dan dijamin konstitusi negara," tutur dia.

Megawati pun dengan yakin memilih Ganjar Pranowo sebagai Capres dari PDIP.

"Maka pada jam 13.45 WIB dengan mengucapkan bismillah menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres republik Indonesia dari PDIP," tutur Mega.

Untuk diketahui, PDIP bisa langsung mengusung nama Capres pada Pilpres 2024 mendatang. Hal ini lantaran perolehan suara partai berlambang banteng moncong putih itu sudah lolos electoral treshold.

Artikel lainnya: Harga Minyak Dunia Anjlok $80: Harga BBM Pertamina, Shell, BP, Vivo Ikut Turun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait