Baru Saja Diperbaiki, Jalan Viral yang Bakal Ditinjau Jokowi Sudah Rusak Lagi

  • Arry
  • 5 Mei 2023 10:36
Perbaikan jalan Rumbia Lampung Tengah(ist/ist)

Jalan lintas Simpang Randu-Rumbia, Lampung Tengah, yang baru saja diperbaiki kembali rusak. Jalan yang viral di media sosial itu baru diperbaiki jelang kedatangan Presiden Joko Widodo ke Lampung.

Melansir kompas.com, lapisan aspal di jalan tersebut kembali terkelupas di beberapa titik. Hal ini diakibatkan hujan deras yang turun pada Kamis 4 Mei 2023 malam.

Kondisi jalan yang sempat berlumpur dan penuh lubang itu kini kembali bergelombang. Mobil-mobil yang melintas pun harus berhati-hati dan melambatkan kecepatannya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Lampung memperbaiki sejumlah jalan rusak yang viral di media sosial. Perbaikan ini mulai berjalan sejak ada kabar kedatangan Presiden Jokowi.

Baca juga
Proyek Roro Jonggrang Pejabat Lampung Sulap Jalan Rusak Jelang Kedatangan Jokowi

Rencana awal Jokowi datang pada 3 Mei. Namun kemudian diundur menjadi Jumat, 5 Mei 2023.

"Saya ingin memastikan, besok mau melihat betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media itu bener atau nggak bener," kata Jokowi di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Mei.

"Jadi ini kita baru mengumpulkan data-data jalan-jalan kabupaten/kota, jalan provinsi yang rusak parah karena anggaran yang ada di provinsi dan kabupaten/kota tidak banyak diarahkan kepada infrastruktur," kata Jokowi.

"Dan itu hal yang sangat penting sekali, begitu jalan rusak apalagi jalan produksi akan mengganggu yang namanya mobilitas orang barang biaya logistik akan naik sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain atau negara lain. Ini kita harus tau manfaat infrastruktur ada di situ," ujar Jokowi.

Baca juga
Simsalabim, Jalan Lubang dan Berlumpur di Lampung Kini Mulus Jelang Kedatangan Jokowi

Sementara itu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengklaim perbaikan jalan bukan karena terlanjur viral atau untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

"Bukan karena ada apa-apa langsung begitu. Jadi ini murni sudah dalam proses," kata Arinal kepada wartawan usai rapat dengan Kemendagri di Hotel Golden Tulip, Bandar Lampung, Kamis, 4 Mei.

"Kita sudah menyiapkan anggaran Rp 750 miliar dalam rangka membangun jalan provinsi yang sudah kita anggap tidak bagus dan baru selesai tender," kata Arinal.

Artikel lainnya: Viral Pengendara Mobil Berplat Polri Ancam Sopir Taksi Pakai Pistol Gegara Disalip

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait