Naik Land Cruiser Tapi Tak Ada di LHKPN, Komisioner KPK Johanis Tanak: Mobil Sewaan

  • Arry
  • 9 Mei 2023 12:56
Komisioner KPK Johanis Tanak(setkab/setkab.go.id)

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mendapat sorotan. Dia diduga menyembunyikan hartanya dan tak tercantum di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

Sorotan itu bermula dari sebuah unggahan di media sosial. Unggahan itu menampilkan foto mobil merek Land Cruiser yang terparkir di halaman KPK. Mobil SUV tersebut disebut milik pimpinan KPK berinisial J.

Namun, mobil berjenis SUV itu tidak dicantumkan dalam LHKPN miliknya.

"Nih mobil si J yang lagi parkir di KPK. J juga hobi nyembunyiin harta, buktinya pakai mobil sehari-hari yang bukan atas namanya. Komisioner KPK saja berani pakai harta haram ke kantor, gimana koruptor?" bunyi unggahan viral.

Baca juga
Geger Chat WA Komisioner KPK Johanis Tanak ke Pejabat ESDM: Bisalah Cari Duit

Johanis Tanak buka suara soal kepemilikan mobil Land Cruiser. Dia mengklaim, mobil tersebut bukan miliknya.

"Itu tidak apa-apa. Karena yang dikatakan LHKPN kalau hartanya saya. Kalau bukan harta saya masa iya saya laporkan," kata Tanak.

"Itu bukan mobil saya. Jadi kalau seperti anak saya ada yang pilot, ada yang dokter, masing-masing kan mereka sudah punya kekayaan sendiri, penghasilan sendiri, punya NPWP sendiri. Masa iya saya masukkan sebagai penghasilan saya," tutur Tanak.

"(Itu) mobil disewa," ujar Tanak.

"Sekarang saya kan boleh sewa mobil kan karena nggak ada mobil dinas kan, saya bisa sewa mobil di luar. Apakah sewa mobil di luar itu kemudian harus saya masukkan sebagai LHKPN saya," jelas Tanak.


Selanjutnya LHKPN Komisioner KPK Johanis Tanak >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait