Geger Husein Guru Muda Asal Pangandaran Pilih Mundur dari PNS Gegara Lapor Pungli

  • Arry
  • 11 Mei 2023 09:33
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu Husein Ali Rafsanjani guru di Pangandaran yang viral usai menguak dugaan pungli CPNS(@ridwankamil/instagram)

Husein Ali Rafsanjani, guru yang bertugas di Kabupaten Pangandaran, menguak dugaan pungutan liar saat dia mengikuti Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Curhatan guru berusia 27 tahun itu kemudian viral.

Husein menceritakan, dugaan pungli itu dia alami saat lolos seleksi CPNS 2019. Saat itu dia diminta mengikuti Latsar di Pangandaran yang digelar selama dua pekan.

Husein heran, sebab untuk mengikuti Latsar tersebut dia dimintai uang Rp270 ribu. Alasan panitia untuk biaya transportasi.

"Mulanya dari Latsar CPNS. Awalnya bilangnya bawa badan saja semua biaya ditanggung negara katanya. Tapi, tiba-tiba seminggu sebelumnya ada chat untuk diharuskan membayar transport sebesar Rp 270 ribu ya dari panitia, itu bulan Oktober 2021," kata Husein pada Rabu, 10 Mei 2023.

Husein kemudian melapor dugaan pungli tersebut ke laman lapor.go.id. Laporan Husein ditindaklanjuti dengan digelarnya sidang pada November 2021. Namun, dia justru mengalami intimiasi dari sejumlah orang yang ada di sidang.

"Saya lagi menerangkan ada celetukan jangan sok jago, ikuti saja jangan banyak tanya, katanya kalau melapor gitu dianggap menjelekkan nama instansi. Padahal niat saya hanya nanya saja, tinggal jawab aja padahal," ujarnya.

Akibatnya, Husein pun memutuskan berhenti mengajar di SMPN 2 Pangandaran pada Maret 2022. Dia pun sudah mengirim surat pengunduran diri sebagai ASN atau PNS.

Namun, hingga kini surat pengunduran diri sebagai PNS itu belum ditindaklanjuti dari pihak terkait.

"Sekarang harapannya supaya surat pengunduran dirinya keluar karena sekarang mau cari kerja susah, namanya masih tercatat di sana," ujar dia.

"Saya sudah satu tahun keluar dari Pangandaran tapi kok surat pengunduran dirinya enggak ada gitu, nggak di proses padahal saya berharap keluar dari Pangandaran," tandas dia.


Menarik Perhatian Ridwan Kamil hingga Susi Pudjiastuti >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait