Awas Ada Situs PeduliLindungi Palsu, Isinya Penipuan Jual Beli Vaksin

  • Arry
  • 9 Sep 2021 20:20
Pedulilindungi.id(pedulilindungi/pedulilindungi)

Kementerian Komunikasi dan Informatika arau Kemkominfo mengingatkan kepada masyarakat kini hadir situs PeduliLindungi palsu. Situs itu beralamat pedulilindungia.com. Yang asli beralamat pedulilindungi.id.

"Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19," kata juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, dalam keterangan resmi, Kamis, 9 September 2021.

"Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun."

Dedy menjelaskan, situs PeduliLindungi palsu itu menggunakan atribut, logo, dan tampilan yang sama dengan situs PeduliLindungi.id.

Situs itu juga berisi informasi jual beli vaksin Covid-19. Pelaku mematok harga Rp1 juta untuk pembelian vaksin. Padahal, vaksin Covid di Indonesia tidak diperjualbelikan. Semuanya gratis. Untuk melancarkan aksinya, pelaku mencantumkan rekening bank untuk transfer.

Menurut Dedy, Kominfo sudah memblokir situs PeduliLindungi palsu tersebut.

"Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun," kata Dedy.

"Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store."\

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait