Deretan Pengajian Ustaz Hanan Attaki yang Dibubarkan Banser NU Sebelum Dibaiat

  • Arry
  • 13 Mei 2023 10:38
Ustaz Hanan Attaki(ist/ist)

Ustaz Hanan Attaki telah dibaiat masuk sebagai kader Nahdlatul Ulama alias NU. Ustaz milenial ini membacakan baiat di hadapan Ketua PWNU Jatim, Dr KH Marzuki Mustamar.

Pembaiatan Ustaz Hanan Attaki berlangsung di sela acara Halalbihalal 1444 Hijriyah Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek pada Kamis, 11 Mei 2023.

"Alhamdulillah, malam ini adalah malam terbaik dalam hidup saya sejak ibu melahirkan saya. Karena bagi seorang mukmin dia dilahirkan 2 kali, pertama jasadnya oleh orang tua biologisnya, kedua dilahirkan ruhiyahnya oleh gurunya atau mursyidnya," kata Hanan Attaki.

“Akhirnya, saya minta izin untuk diangkat menjadi murid beliau. Insyaallah, mulai detik ini akan saya syiarkan ajaran Aswaja ala NU kepada muslimin, khususnya anak-anak muda di Indonesia," kata ustaz Hanan Attaki.

Baca juga
Pengajian Kerap Dibubarkan GP Ansor, Ustaz Hanan Attaki Kini Masuk NU

Sebelum dibaiat, Hanan Attaki kerap berurusan dengan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama atau Banser NU. Dalam catatan Newscast, ada 7 kali pengajian Ustaz Hanan yang sempat dibubarkan Banser.

Berikut deretan pengajian Ustaz Hanan Attaki yang pernah dibubarkan Banser NU:

1. Jember

Ustaz Hanan Attaki sempat diagendakan mengisi pengajian dalam Konser Langit di GOR PKSPO Jalan Nusantara, Kecamatan Kaliwates, Jember pada 29 Juli 2022.

Namun, pengajian itu kemudian dibubarkan Banser NU. Alasannya, Ustaz Hanan Attaki disinyalir sebagai mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI.

Baca juga
Janji Ustaz Hanan Attaki Usai Dibaiat NU

2. Gresik

Usai ditolak di Jember, pengajian Ustaz Hanan Attaki dalam Konser Langit di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim di Gresik pada 30 Juli 2022.

Namun, PCNU Gresik keberatan dengan rencana Hanan Attaki berdakwa di masjid tersebut. Mereka kembali menuding Ustaz Hanan merupakan mantan anggota HTI.

3. Situbondo

Panitia Konser Langit kemudian memindahkan pengajian ke Situbondo. Rencananya pengajian itu digelar di di sebuah Pondok Pesantren di Sukorejo, Situbondo.

Namun lagi-lagi PCNU setempat menolak kedatangan Ustaz Hanan Attaki. Tudingannya tetap sama.

4. Sidoarjo

Konser Langit Ustaz Hanan Attaki yang direncanakan digelar di Masjid Nurul Imam, Perum The Taman Dhika, Sidoarjo, lagi-lagi dibubarkan. Acara itu harusnya digelar pada 30 Juli 2022. Pembatalan ini disebut lantaran pengajian Ustaz Hanan itu tak mengantongi izin.

5. Sumenep

Pada 27 Juli 2022, pengajian Ustaz Hanan di Sumenep, Madura dibubarkan. Padahal sebelumnya sudah beredar pamflet rencana pengajian tersebut. Pengajian ini mendapat penolakan dari NU dan ormas lainnya.

6. Bondowoso

Tablig Akbar di Ponpes Al-Ishlah yang rencananya akan menghadirkan Hanan Attaki ini ditolak GP Ansor Bondowoso.

7. Pamekasan

Teranyar adalah pembubaran pengajian Ustaz Hanan Attaki di Masjid-Al-Muttaqien, Desa Laden, Kecamatan Pamekasan, Madura pada 12 Februari 2023. Pengajian dibubarkan Banser NU.

Bendahara GP Ansor Jawa Timur M Fawait (Gus Fawait) menyatakan pengajian Ustaz Hanan Attaki tersebut lebih banyak mudarat-nya dibandingkan manfaatnya.


Jawaban Ustaz Hanan Attaki Soal Tudingan HTI >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait