Harga Telur Ayam Tembus Rp41 Ribu per Kg, Ini Penyebabnya

  • Arry
  • 18 Mei 2023 20:15
Telur ayam(@jannerboy62/unsplash)

Harga telur ayam di pasaran terus meningkat. Pedagang mengeluhkan tidak adanya tindakan dari pemerintah untuk menghentikan kenaikan harga telur yang mencapai hingga Rp41 ribu per kilogram.

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) mengungkapkan harga telur di wilayah Jabodetabek berada di kisaran Rp31 ribu hingga Rp34 ribu per kg.

Sedangkan di luar Pulau Jawa harga telur beragam. Bahkan di wilayah Indonesia timur harganya sudah lebih dari Rp40 ribu per kg. Bahkan di Kalimantan tercatat harga telur sudah di atas Rp41 ribu per kg.

Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI, Reynaldi Sarijowan, menyatakan, pemerintah belum bertindak terhadap kenaikan harga telur tersebut.

Baca juga
5 Cara Mudah Cek Telur Masih Segar Atau Sudah Busuk

“Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia menyayangkan harga telur di pasaran terus merangkak naik tidak terdapat upaya melakukan upaya penurunan harga telur, sehingga harga telur secara nasional naik,” kata Reynaldi dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 18 Mei 2023.

Reynaldi mengungkapkan ada dua hal yang menjadi faktor kenaikan harga telur. Pertama, karena faktor produksi, yang disebabkan oleh harga pakan yang tinggi. Faktor kedua akibat proses distribusi yang tidak sesuai dengan kebiasaan, yang biasanya di distribusikan ke pasar.

"Tetapi banyak pihak yang melakukan pendistribusian di luar pasar atau permintaan di luar pasar, sehingga supply dan demand di pasar terganggu dan menyebabkan harga terus merangkak naik," ujar Reynaldi.

Selain itu, DPP IKAPPI juga mencatat ada sejumlah permintaan yang cukup tinggi di sejumlah instansi, lembaga, elemen atau individu. Permintaan itu mengganggu arus pasokan di pasar.

Baca juga
3 Rekomendasi Menu Sahur Olahan Telur Ala Koki Masterchef

“Sebagai catatan bahwa kami melihat ada beberapa permintaan yang cukup tinggi di beberapa instansi atau beberapa elemen atau beberapa lembaga, atau perorangan sehingga supply di pasar terganggu,” ujarnya.

Melansir laman Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan, Kamis, 18 Mei, tercatat harga telur ayam termurah terdapat di Aceh yakni Rp26.367 per kg. Sedangkan harga telur ayam ras termahal berada di Kalimantan Utara yakni Rp41.250 per kg.

Sedangkan harga telur ayam ras rerata nasional adalah Rp31.400 per kg. Ada kenaikan 0,32 persen.

Artikel lainnya: Polri Usut Penipuan Tiket Konser Coldplay, Diduga Rugikan Puluhan Juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait