Korea Utara Luncurkan Rudal, Korsel Keluargan Wartime Alert

  • Arry
  • 31 Mei 2023 08:56
Ilustrasi peluncuran rudal Korea Utara(ist/unsplash)

Kawasan semenanjung Korea memanas. Usai Korea Utara meluncurkan rudal di kawasan tersebut, Korea Selatan langsung mengeluarkan peringatan Wartime Alert.

Peringatan itu dikeluarkan pada hari ini, Rabu, 31 Mei 2023. Peringatan langsung diterima penduduk kota, terutama di Seoul melalui ponselnya masing-masing.

Peringatan Wartime Alert itu berisi imbauan kepada penduduk di Seoul untuk bersiap evakuasi. Proses evakuasi diharapkan mendahulukan kelompok renta seperti anak-anak hingga lansia.

Dubes RI untuk Korsel, Gandi Sulistiyanto, menjelaskan, meski ada peringatan Wartime Alert, kondisi di Seoul masih terlihat normal.

"Kami segera pantau keadaan di luar, namun tidak tampak pergerakan seperti layaknya perang," kata Gandi kepada wartawan.

"Pukul 07.25 kami terima lagi informasi melalui HP yang menyatakan bahwa Wartime Alert yang dikeluarkan Pemkot Seoul disebabkan karena peluncuran rudal oleh Korut," kata Gandi.

"Informasi tersebut sekaligus menyatakan bahwa Wartime Alert untuk seluruh wilayah di kota Seoul telah diangkat dan para penduduk kota Seoul diharapkan dapat menjalankan aktivitas seperti biasa," sambungnya.

Melansir pemberitaan Kantor Berita Yonhap, aksi Korut meluncurkan misil telah menarik perhatian pemerintah Korsel dan Jepang. Namun, mereka masih meneliti tindakan tersebut.

Gandi menjelaskan, peluncuran misil oleh Korut diduga sebagai respons dari latihan militer yang dilakukan Korea Selatan dan Amerika Serikat dalam beberapa hari terakhir.

"Kemungkinan lainnya adalah peluncuran satelit Korea Utara yang telah menjadi perhatian serius pemerintah Korsel dan AS," kata dia.

Artikel lainnya: Viral Video Singa Putih di Ancol Kurus dan Jalannya Diseret, Ini Penjelasan Faunaland

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait