Sering Delay, Ini 7 Langkah Lion Air Tingkatkan Ketepatan Waktu Penerbangan

  • Arry
  • 11 Jun 2023 08:35
Maskapai Lion Air(Fasyah Halim/unsplash)

Banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan Lion Air yang kerap delay. Maskapai menyatakan, keterlambatan penerbangan adalah hal yang tidak diinginkan oleh siapapun.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menyatakan, pihaknya terus berupaya mengurangi keterlambatan dan memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang.

"Namun, penting untuk memahami bahwa terkadang keterlambatan penerbangan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan merupakan bagian dari industri ini," kata Danang dalam keterangan tertulis yang diterima Newscast.id.

Menurutnya, keterlambatan penerbangan bisa terjadi karena berbagai variabel yang mempengaruhinya, termasuk faktor internal dan faktor eksternal. Walaupun semua pihak berusaha menjaga keberangkatan sesuai jadwal, terkadang keterlambatan penerbangan bisa terjadi.

Baca juga
Lion Air Minta Maaf Sering Delay, Sebut Ulah Penumpang Jadi Faktor Keterlambatan

"Ketika maskapai menghadapi faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan, keselamatan penumpang dan kru adalah prioritas utama," ujarnya.

"Permintaan maaf yang tulus dan komunikasi yang jelas adalah bagian dari upaya maskapai untuk memberikan pengalaman perjalanan yang terbaik meskipun terjadi situasi di luar kendali," ujarnya.

Danang mengungkapkan, Lion Air kini juga terus meningkatkan upaya ketepatan waktu penerbangan alias on-time performance. Ada 7 langkah yang dilakukan Lion Air:

1. Perencanaan Jadwal

Maskapai melakukan perencanaan jadwal yang matang dengan mempertimbangkan waktu yang realistis untuk proses boarding, keberangkatan, dan kedatangan. Lion Air Group telah memperhitungkan faktor-faktor seperti kondisi cuaca, waktu yang dibutuhkan untuk prosedur keamanan dan lalu lintas udara untuk memastikan jadwal yang memungkinkan pesawat tiba dan berangkat tepat waktu.

Baca juga
Kaesang Pangarep Kena PHP Lion Air, Maskapai Buka Suara

2. Sosialisasi ke Penumpang

Penting bagi penumpang untuk memperhatikan aturan dan batasan yang ditetapkan oleh maskapai terkait dengan barang bawaan. Menyusun barang bawaan dengan baik dan mematuhi batasan kapasitas bagasi dapat membantu memperlancar proses boarding dan menghindari keterlambatan penerbangan.

Dalam situasi penumpang membawa barang bawaan yang banyak, kerjasama dan kesadaran dari penumpang mengikuti petunjuk dan prosedur yang ditetapkan oleh maskapai sangat penting menjaga ketepatan waktu penerbangan.

3. Pemeliharaan Pesawat yang Teratur

Maskapai melakukan perawatan pesawat secara teratur dan mematuhi standar keamanan yang ditetapkan. Pemeliharaan preventif yang baik membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis sebelum terjadi, sehingga mengurangi risiko keterlambatan yang disebabkan oleh kendala teknis pesawat.

Baca juga
Daftar Maskapai dengan Layanan Terburuk di Dunia, Lion Air Nomor Satu

4. Optimalkan Operasional

Lion Air Group bekerja meningkatkan efisiensi operasional. Ini meliputi pengoptimalan proses boarding, peningkatan koordinasi antara staf bandar udara dan awak pesawat, serta penggunaan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi dalam pemrosesan penumpang dan kargo, salah satu mempermudah proses ialah penumpang melakukan check in online.

5. Kolaborasi dengan Pihak Terkait

Maskapai bekerja sama dengan pihak terkait, seperti otoritas bandar udara dan pengendali lalu lintas udara, dalam memastikan kelancaran operasional. Semua pihak berkomunikasi secara teratur untuk mendapatkan pembaruan terkait kondisi cuaca, peraturan bandar udara, atau hal lain yang mempengaruhi ketepatan waktu penerbangan.

Baca juga
Viral Aksi Petugas Lempar Barang Penumpang dari Pesawat Lion Air

6. Manajemen Keterlambatan

Ketika terjadi keterlambatan, maskapai berusaha mengelola situasi dengan baik. Lion Air Group memberikan informasi yang jelas dan terkini kepada penumpang tentang alasan keterlambatan dan memberikan solusi alternatif, seperti pengaturan ulang jadwal atau kompensasi jika diperlukan. Maskapai juga berupaya mempercepat proses pembaruan jadwal agar penumpang dapat mengatur ulang rencana mereka dengan sebaik mungkin.

7. Monitoring dan Evaluasi

Lion Air Group terus memantau kinerja ketepatan waktu penerbangan melalui pengumpulan data dan analisis. Dengan melihat tren keterlambatan dan penyebabnya, maskapai mudah mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna meningkatkan tingkat ketepatan waktu penerbangan di masa depan.

Artikel lainnya: Doa Pagi dan Sore Hari Lengkap: Latin dan Terjemahannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait