Doa Pagi dan Sore Hari Lengkap: Latin dan Terjemahannya

  • Arry
  • 11 Jun 2023 04:24
Ilustrasi doa pagi dan sore(ist/unsplash)

Sebelum memulai aktivitas, sebaiknya diawali dengan berdoa. Kemudian, saat petang hari, dianjurkan juga untuk membaca doa.

Anjuran membaca doa saat pagi dan sore hari disebutkan secara langsung dalam Alquran:

“Ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut pada waktu pagi dan petang, dengan tidak mengeraskan suara, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.” (QS Al Araf [7]: 205)

Selain itu doa pagi dan petang ini juga dipanjatkan Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut diungkap dalam sejumlah riwaat hadits.

Dalam Kitab al-Adzkar milik Imam an-Nawawi (w. 676 H) merupakan salah satu dari sekian banyak karya yang memuat dzikir-dzikir berdasarkan riwayat dari Rasul saat pagi dan petang.

Imam an-Nawawi mengaku bab doa pagi dan petang merupakan bab yang paling banyak memuat riwayat doa.

Kata Imam an-Nawawi, “Orang yang diberi taufik oleh Allah SWT sehingga dapat membaca keseluruhannya jelas dia mendapatkan nikmat dan anugerah yang tak terkira.

Namun bila tidak sanggup, minimal mengusahakan membaca satu doa pagi dan petang saja,” ujar Imam an-Nawawi. (Lihat selengkapnya di Kitab al-Adzkar, hlm 76, Dar el-Fikr cetakan tahun 1994 M.)

Melansir laman MUI, berikut doa pagi dan petang yang dikumpulkan dalam al-Adzkar.

Doa pagi

1. Subhanallahi wa bihamdihi (sebanyak 100x)

Artinya: “Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya”

Manfaat dari doa ini disebutkan Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa, ketika pagi dan sore, membaca doa, Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya sebanyak seratus kali, maka pada hari kiamat tidak ada orang lain yang melebihi pahalanya kecuali orang yang juga pernah mengucapkan bacaan seperti itu atau lebih dan itu.'”

2. Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru

Artinya: “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati, dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

Doa sore

1. Allahumma bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Artinya: Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati, dan kepada-Mu juga kami akan kembali.

Artikel lainnya: Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Islam: Benarkah Tanda Kesialan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait