Akronim AMIN dipersoalkan, Ini Penggunaan Kata AMIN yang Benar Saat Sholat dan Doa

  • Arry
  • 23 Des 2023 14:13
Ilustrasi berdoa(@masjidmpd/unsplash)

Kata AMIN saat ini tengah banyak diperbincangkan. Sebab, kata tersebut kini menjadi akronim dari pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN, Zulifli Hasan, sampai menyinggung soal penggunaan kata AMIN di masyarakat. Menurutnya, kini masyarakat banyak yang enggan mengucap AMIN usai imam membaca surah Alfatihah saat sholat maghrib.

“Kalau salat Maghrib baca Al-Fatihah Walad Dhollin ada yang diam sekarang Pak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu,” klaim Zulhas saat menyampaikan pidato pada Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah.

Pernyataan Zulhas ini pun membuat dirinya dilaporkan ke polisi. Pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu dituding telah melakukan penistaan agama.

Baca juga
Heboh Menteri Zulhas Ucap Tak Jawab Aamiin Usai Alfatihah dan Tahiyat 2 Jari

Bahkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sampai ikut bicara soal blunder Zulhas. Dia meminta agar tidak melakukan cocokologi dengan kegiatan ibadah, sebab hal tersebut merupakan tindakan kekanak-kanakan.

“Ya, jangan kayak anak-anak lah. Urusan Amin itu kan tidak berarti [mendukung] capres tetapi kan dari dulu sudah ada. Kalau imam bilang gairil-magdubi'alaihim wa lad-dallin ya harus dijawab amin,” kata Ma'ruf Amin di Jakarta.

Terbaru, Anies Baswedan-Cak Imin kini dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama oleh Forum Aktivis Dakwah Kampus Indonesia.

"Sudah dijelaskan bahwa dalam hadis-hadis bahwa penggunaan Amin ini adalah kata suci, penggunaannya sebagai bentuk harapan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa," kata Koordinator Forum Aktivis Dakwah Kampus Indonesia, Umar Segala.

"Ini adalah sebuah politisasi yang sangat tidak berguna. Politisasi rendah, bahwasanya politisasi agama masih dilakukan untuk mendapatkan suatu kepentingan publik di era demokrasi ini," jelasnya.


Lalu bagaimana penggunaan kata AMIN yang bear untuk menjawab doal dan saat sholat?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait