Sri Mulyani Ungkap Alasan Pemerintah Belum Bayar Utang ke Bos Jalan Tol Jusuf Hamka

  • Arry
  • 12 Jun 2023 18:13
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati(humas/setkab)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya mengungkapkan alasan pemerintah belum mau membayar utang ke pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka. Menurutnya, hal ini terkait dengan bailout BLBI yang dilakukan pemerintah.

Sri Mulyani menjelaskan, Jusuf Hamka melalui perusahaannya PT Citra Marga Nusaphala Persada alias CMNP terafiliasi dengan Bank Yama. Bank tersebut termasuk dalam bank yang bangkrut saat krisis ekonomi 1998.

"Jadi berbagai hubungan di antara mereka inilah yang menjadi fokus dari kita mengenai kewajiban negara," kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin, 12 Juni 2023.

Untuk diketahui, utang pemerintah ke Jusuf Hamka terkait dengan deposito PT CMNP yang disimpan di Bank Yama. Bank tersebut bangkrut akibat krisis ekonomi dan menjadi pasien BLBI. Jusuf Hamka mengaku CMNP belum menerima ganti rugi tersebut.

Baca juga
Jokowi Perintahkan Selesaikan Utang ke Swasta, Termasuk ke Bos Jalan Tol Jusuf Hamka

Menurut Sri Mulyani, Bank Yama diketahui adalah milik Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut. Tak hanya itu, PT CMNP juga dinilai terafiliasi dengan putri dari Presiden kedua RI, Soeharto, tersebut.

"Jangan sampai negara yang sudah membiayai bailout dari bank-bank yang ditutup, dan sekarang masih dituntut lagi untuk membayar berbagai pihak yang mungkin masih terafiliasi waktu itu," imbuhnya.

"Jadi ini yang memang secara keuangan negara buat kita adalah sesuatu yang perlu untuk kita pelajari betul secara teliti," ujarnya.

"Kita menghormati tetap di satu sisi berbagai proses hukum, tapi kita juga melihat kepentingan negara dan kepentingan dari keuangan negara, terutama karena ini menyangkut hal yang sudah sangat lama," ujarnya.

Artikel lainnya: Putri Ariani Guncang Panggung America's Got Talent, Jokowi: Terbang Lebih Tinggi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait