Mengintip Sholat Idul Adha di Ponpes Al-Zaytun: Saf Renggang, Perempuan di Depan

  • Arry
  • 30 Jun 2023 08:25
Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Ponpes Al-Zaytun(@alzaytunofficial/youtube)

Pondok Pesantren Al-Zaytun menggelar perayaan Hari Raya Idul Adha pada Kamis 29 Juni 2023. Mereka juga menggelar sholat Id yang dilakukan di aula besar di ponpes yang berada di Indramayu, Jawa Barat tersebut.

Pelaksanaan Sholat Id Ponpes Al-Zaytun ditayangkan langsung di kanal YouTube resmi mereka. Selain itu ditayangkan pula ceramah yang disampaikan pimpinan ponpes, Panji Gumilang.

Dalam tayangan YouTube itu, terlihat pelaksanaan sholat Idul Adha diikuti ratusan orang. Panji Gumilang menjadi imam dalam pelaksanaan sholat itu.

Terlihat, jemaah laki-laki dan perempuan berdiri sejajar. Saf atau deretan jamaah berjarak sekitar satu meter dan terlihat rapi dengan sajadah biru.

Baca juga
4 Kontroversi Ponpes Al-Zaytun: Solat Campur Hingga Salam Israel

Selain itu, di belakang Panji Gumilang berdiri dua orang. Setelah itu baru ratusan jemaah berdiri di belakangnya. Tampak satu jemaah perempuan berdiri lebih maju di barisan jemaah tersebut.

Pelaksanaan solat ini serupa dengan yang mereka lakukan saat Idul Fitri lalu.

Mengenai pelaksanaan sholat Idul Fitri tersebut, Panji Gumilang sudah memberikan penjelasan saat tampil dalam program Kick Andy Double Check yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta.

Menurutnya, susunan sholat tersebut itu dilakukan dengan mengedepankan fiqih sosial dan mengangkat harkat martabat wanita.

"Kemudian kalau hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanaan sholat kemudian ada wanita, saya mengedepankan fiqih sosial mengangkat harkat martabat wanita yang selama ini terpinggirkan, baru dimulai dalam politik. Itu pun baru 30 persen," kata Panji Gumilang.

"Sedangkan pemahaman yang saya punya berdasarkan Alquran sama. Innal muslimina, wal muslimat, wal mu'minina wal muminat wal qonitin wal qonitat. Tidak pernah dikesampingkan, sejajar, nah kalau soal itu saja lantas sesat menyesatkan bagaimana dunia?" ujar Panji Gumilang.

"Itu hak asasi manusia untuk menjalankan ibadah menurut keyakinannya dasar kami di Alquran," kata Panji Gumilang terkait pelaksanaan sholat Id di Ponpes Al-Zaytun.

Artikel lainnya: Digugat Rp98 Triliun, Ustaz Yusuf Mansur Divonis Bayar Ganti Rugi Rp1,2 Miliar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait