Novel Baswedan Ungkap Ada Eks Penyidik KPK Punya Transaksi Mencurigakan Rp300 Miliar

  • Arry
  • 3 Jul 2023 15:58
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)(kpk/kpk.go.id)

Novel Baswedan mengungkapkan ada transaksi mencurigakan yang melibatkan bekas penyidik KPK. Nilainya mencapai Rp300 miliar. Novel menyatakan, nilai tersebut termuat dalam laporan PPATK.

"Laporan PPATK itu terhadap seorang pegawai KPK di penindakan dan itu nilai transaksinya Rp 300 miliar, dan saya duga lebih, ada yang katakan hampir Rp 1 triliun bahkan," kata Novel di kanal YouTube-nya, dikutip Senin, 3 Juli 2023.

Novel menjelaskan, laporan tersebut terjadi di masa kepemimpinan Firli Bahuri. Novel pun menduga transaksi itu tidak melibatkan satu orang.

Baca juga
Terungkap Pungli KPK: Petugas Video Call Mesum dengan Istri Tahanan dan Minta Duit

"Saya meyakini atau menduga kuat dia ini enggak bekerja sendiri. Ada level-level struktural bisa jadi, ya. Tapi itu harus diperiksa. Ketika enggak diperiksa bagaimana bisa dipastikan, masa iya sih level penyidik berani sampai sebesar itu?" ungkap Novel.

"Tapi itu enggak diperiksa, padahal sudah diperiksa Dewas. Tapi kemudian mengundurkan diri dan lewat," imbuhnya.

Ketua PPATK Ivan Yustiavandana tidak menjawab tegas soal temuan transaksi mencurigakan bekas penyidik KPK itu. Ivan pun tak menjelaskan sosok penyidik yang dimaksud apakah berasal dari kepolisian atau kejaksaan.

"Kami koordinasi terus sejak lama dengan penyidik terkait," kata Ivan kepada wartawan.

Artikel lainnya: Rendy Kjaernett Akui Tato Wajah Syahnaz di Punggung, Densu: Apa yang Ada di Otak Kau?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait