Heboh Virus di Aplikasi BCA Mobile, Ini Penjelasan BCA

  • Arry
  • 24 Jul 2023 20:34
M-Banking BCA(bca/bca.co.id)

Media sosial tengah ramai dengan adanya unggahan terkait adanya virus di aplikasi BCA Mobile. Pihak BCA memberikan penjelasan.

Kehebohan itu berasal dari salah satu akun media sosial, Senin, 24 Juli 2023. Dalam unggahan itu berisi tangkapan layar yang menampilkan pop up virus dengan latar belakang tampilan awal aplikasi BCA Mobile.

terlihat pop up Picsart bertuliskan "1 viruses found. Please remove them immediately".

Pop Up itu juga menyebutkan bahwa aplikasi tersebut berisi virus Trojan. Hal ini akan membuat perangkat dapat dikendalikan melalui aplikasi jarak jauh tanpa persetujuan pemilik. Dalam unggahan itu pun terlihat terdapat pilihan "Quit App" dan "Delete".

"Jika M-Banking kamu muncul seperti ini, jgn sekali" di klik utk hapus virus, karna saldo kamu akan terkuras. Biarkan sehari atau 2 hari kemudian tampilan virus nya akan hilang dg sendirinya & M-Banking akan bisa dibuka kembali. Dapat dari WAG betulkah ini @HaloBCA @BankBCA??," tulis akun @hurryKoRn.

    Heboh virus di aplikasi M-BCA

Penjelasan BCA

Coporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn mengimbau kepada nasabah berhati-hati. Dia meminta kepada nasabah yang mengalami kendala tersebut agar tidak melakukan klik apa pun yang muncul pada pesan tersebut.

"BCA senantiasa mengimbau nasabah setia untuk selalu waspada saat melakukan instal aplikasi di luar PlayStore, AppleStore atau store resmi lainnya, serta melakukan update software perangkat smartphone terbaru," kata Hera dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, BCA juga meminta agar nasabah tidak memberikan data apa pun yang bersifat rahasia kepada pihak mana pun.

Data-data tersebut seperti PIN, one time password (OTP), password, response KeyBCA, dan Card Verification Code (CVC) atau Card Verification Value (CVV).

Artikel lainnya: Pemotor Terobos Rombongan Pesepeda Hingga Sebabkan 3 Orang Luka Adalah Anggota TNI AL

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait