Ironis, Sekolah Gratis Tapi Harga Seragam Jutaan Rupiah

  • Arry
  • 26 Jul 2023 09:55
Ilustrasi Siswa Sekolah SMA(@isengrapher/unsplash)

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, merespons soal keluhan mahalnya harga paket seragam di SMAN Tulungagung. Emil menegaskan, persoalan seragam sekolah menjadi perhatian serius Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.

Emil Dardak enyatakan sudah meminta Dinas Pendidikan membuat surat edaran ke masing-masing sekolah SMA/SMK negeri dalam menyikapi isu seragam sekolah.

"Surat edaran sedang disiapkan oleh dinas pendidikan, kalau pakta integritas komite dan kepala sekolah sudah ditandatangani dan disaksikan oleh Ibu Gubernur," tegas Emil kepada media, Minggu, 23 Juli 2023.

Emil juga menyoroti koperasi sekolah yang menjual harga kain terlampau tinggi. Kasus ini terjadi di SMAN Karangrejo, Tulungagung. Menurutnya, harga seragam di koperasi sekolah seharusnya lebih murah dibanding harga pasar. Sebab, sekolah membeli barang dalam jumlah yang banyak.

"Satu stel kain dijual Rp575.000 yang putih abu-abu, padahal kalau di luar Rp 170.000 sudah. Nah, makanya apa itu maksudnya," jelasnya.

Emil juga menegaskan, sekolah tidak boleh mewajibkan pembelian seragam. Emil pun akan menindaklanjuti laporan orang tua murid dengan menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Jatim.

"Kalau ada sumbangan yang terkesan dipaksakan termasuk perlakuan diskriminatif seperti pembedaan tertentu dalam apa yang sudah menjadi hak, misal urutan kartu ujian dan lain-lain bagi yang tidak menyumbang, serta jika ada kewajiban membeli seragam di tempat tertentu, mohon dilaporkan ke kami," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait