Pembunuh Mahasiswa UI Ditangkap: Pelaku Seniornya dan Motifnya Terlilit Utang Pinjol

  • Arry
  • 4 Agt 2023 22:09
Ilustrasi penangkapan(ist/ist)

Polres Metro Depok menangkap Altafasalya Ardnika Basya alias AAB (23). Dia diduga mebunuh adik tingkatnya di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia atau FIB UI, Muhammad Naufal Zidan alias MNZ (19). Motifnya pun terungkap.

Kepala Urusan Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi, menjelaskan, tersangka membunuh juniornya karena ingin menguasai harta korban. Altafasalya diduga melakukan tindakan itu karena terlilit utang pinjaman online alias pinjol dan juga harus membayar kos.

“Tersangka ini iri dengan kesuksesan korban dan terlilit bayar kosan serta pijol kemudian mengambil laptop dan hp korban,” ujar Made dalam keterangannya, Jumat, 4 Agustus 2023.

Made tidak menjelaskan jumlah utang pinjol Altafasalya. Namun dia berhasil membawa barang korban berupa laptop, handphone, dan dompet korban untuk membayar utang.

Baca juga
Zidan Mahasiswa FIB UI Tewas Dibunuh Seniornya, Mayatnya Dibungkus Plastik

“Tersangka mengakui mengambil barang korban sehingga menusuk korban menggunakan pisau lipat,” ucap Made.

Made menjelaskan, saat ini Altafasalya telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat dengan pasal pembunuhan berencana yakni Pasal 340 KUHP Jo Pasal 338 KUHP dan atau Pasal 365 ayat 3 KUHP. Ancamannya maksimal hukuman mati.

Sementara itu, Wakil Kepala Satreskrim Polres Depok, AKP Nirwan Pohang, menjelaskan, Altafsya dan Zidan adalah teman baik.

"Keduanya merupakan mahasiswa jurusan Sastra Rusia FIB UI. Jadi korban ini adik kelas pelaku dan kebetulan berteman dan saling mengenal," ucap Nirwan.

Baca juga
Mahasiswa UI Tewas Ditabrak Pensiunan Polri Jadi Tersangka, BEM UI: Sambo Jilid II

Altafsya diduga membunuh Zidan pada Rabu 2 Agustus. Mayatnya kemudian dibungkus plastik trash bag dan ditaruh di kolong kasur kamar indekosnya, di Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok. Mayatnya baru diketahui pada Jumat 4 Agustus pukul 10.00 WIB oleh keluarga korban.

"Mungkin saat itu tidak bisa dihubungi, akhirnya ada keluarga yang di sini mendatangi kosnya, dan pintunya terkunci sampai meminjam kunci penjaga kos. Saat pintu dibuka, ditemukan seperti itu, mereka langsung lapor polisi," kata Nirwan.

Artikel lainnya: Tips dari Maling Motor Agar Vario dan BeAT Anda Tak Jadi Sasaran Curanmor

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait