Pernah Cabut Izin Acara Anies, Pemkot Bekasi Gelar Senam di Stadion Jelang Laga Liga1

  • Arry
  • 11 Agt 2023 10:58
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto(pemkot bekasi/bekasikota.go.id)

Pemerintah Kota Bekasi diduga melanggar aturan PSSI saat menggelar senam sparko di Stadion Patriot pada Selasa, 8 Agustus 2023. Acara tersebut digelar jelang laga Liga 1 pada hari yang sama.

Senam Sparko ini dihadiri para pejabat PNS dan non-PNS Pemkot Bekasi. Sedangkan pada sore harinya, di tempat yang sama digelar laga Liga 1 antara Bhayangkara Presisi Indonesia vs Persebaya Surabaya.

Berdasarkan Regulasi Teknis Liga 1 2023/2024 yang ditetapkan PSSI, Pasal 17 Nomor 2 mengatur, "Lapangan permainan tidak boleh dipergunakan untuk aktivitas dan kegiatan selain latihan resmi sejak 48 jam sebelum kick off pertandingan kecuali terdapat pertandingan BRI Liga 1 lainnya".

Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, buka suara soal penyelenggaraan senam sparko tersebut. Apalagi dia pernah mencabut izin acara PKS dan Anies Baswedan di Stadion Patriot Bekasi dengan alasan regulasi PSSI tersebut.

Baca juga
Plt Wali Kota Bekasi Asal PDIP Tiba-tiba Cabut Izin Senam PKS Bersama Anies, Ada Apa?

Tri mengklaim, pihaknya mengizinkan kegiatan senam sparko karena tidak melanggar regulasi PSSI tentang lapangan permainan.

Ternyata ada juga statuta PSSI yang menyatakan bahwa bisa dilakukan pemakaian kalau kemudian ada izin kurang lebih dua minggu sebelumnya," kata Tri kepada wartawan di Bekasi, Kamis, 10 Agustus 2023.

Tri menjelaskan, senam sparko merupakan agnda rutin Pemkot Bekasi yang digelar tiap Selasa dan Jumat. Acara tersebut biasa digelar di Stadion Patriot Candrabhaga sekitar pukul 06.00 WIB.

Menurut Tri, senam sparko tersebut diikuti PNS dan non-PNSdalam jumlah terbatas. Sehingga tidak mengganggu kondisi lapangan yang bakal dipakai utuk pertandingan Liga1.

"Secara jelas sampai hari ini kami tidak mendapatkan teguran dari PSSI," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Baca juga
Cabut Izin Acara PKS dan Anies, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Akui Tak Teliti

Ketua Komisi 4 DPRD Kota Bekasi, Daradjat Kardono, menyatangkan inkonsistensi Pekmot Bekasi dalam menegakkan regulasi PSSI yang mengharuskan stadion harus steril 48 jam sebelum pertandingan dimulai.

"Ada statuta Pasal 17 PSSI bilangnya 48 jam sebelumnya harus steril tidak boleh ada kegiatan apa pun. Kalau itu benar (senam sparco), saya kira ini sangat disayangkan karena inkonsistensi dalam penegakan regulasi," kata Daradjat Kardono saat dihubungi wartawan.

Untuk diketahui, Pemkot Bekasi pernah mencabut izin acara senam yang digelar PKS dan Anies Baswedan di Stadion Patriot pada 29 Juli 2023. Izin dicabut dengan alasan stadion bakal digunakan untuk laga Liga 1.

DPW PKS mengklaim izin sudah diajukan jauh sebelum laga Liga 1 digelar. Namun, izin tersebut tiba-tiba dicabut pada satu hari jelang acara dimulai.

Artikel lainnya: Chef Renatta Moeloek Sebut Penyakitnya Kambuh Gegara Polusi Jakarta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait