Anies Baswedan Ungkap Nasib IKN Jika Terpilih Jadi Presiden 2024: Bukan Soal Selera

  • Arry
  • 16 Agt 2023 11:20
Anies Baswedan(@aniesbaswedan/instagram)

Ibu Kota Negara Nusantara alias IKN selalu menjadi pertanyaan yang dilontarkan ke Anies Baswedan. Kini bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu mengungkapkan nasib mega proyek tersebut jika dia terpilih menjadi presiden.

"Kalau tidak problematik jalan terus, tapi kalau bila dianggap problematik lakukan asesmen, lalu laporkan kepada publik," ujar Anies dalam acara 'Desak Anies', di Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023.

Menurut Anies, proyek IKN itu bukan sekedar selera dari pemerintah semata. Sebab, ada uang rakyat di dalamnya yang harus dipertanggungjawabkan.

"Jadi ini bukan soal selera. Seorang presiden terpilih atau selera seorang menteri yang baru ditunjuk," kata dia.

"Ini uang rakyat, dan dibiayai dengan uang rakyat," tambahnya.

Anies pun mengungkapkan ada 4 indikator dalam menjalankan suatu proyek.

"Karena itu saya akan katakan ada 4 prinsipal. Satu, harus berkeadilan; dua, kepentingan publik; tiga, menggunakan data, common sense, akal sehat; dan keempat regulasi," ujarnya.

Menurutnya, jika suatu proyek ada masalah saat pengerjaannya, maka harus dibahas bersama publik. Sehingga masyarakat mengetahui uangnya tidak dipergunakan sia-sia.

"Apa solusinya, bahas dengan publik. Sehingga itu dijadikan keputusan, bahwa publik tau uangnya tidak sia-sia," ungkap dia.

Artikel lainnya: Anggota DPR dari PDIP Jadi Tersangka Pemalsuan Dokumen Tambang dan Ditahan Kejagung

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait