Survei Litbang Kompas: Ganjar-Prabowo Bersaing Ketat, Prabowo Menangi Head to Head

  • Arry
  • 21 Agt 2023 09:05
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo(ist/ist)

Survei Litbang Kompas merilis elektabilitas bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, bersaing ketat dengan bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Sementara elektabilitas Anies Baswedan masih belasan persen.

Survei Litbang Kompas digelar pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023. Survei dilakukan dengan tatap muka dan melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi yang tersebar di 331 desa/kelurahan di Indonesia. Margin of error lebih kurang 2,65 persen.

"Dalam survei terbaru Kompas, elektabilitas Ganjar Pranowo di angka 24,9 persen, Prabowo Subianto 24,6 persen, dan Anies Baswedan 12,7 persen," tulis Litbang Kompas, dikutip Senin, 21 Agustus 2023.

Angka tersebut berdasarkan simulasi pilihan terbuka. Yakni responden dapat menyebut siapa saja yang menurut mereka layak dipilih menjadi Presiden.

Baca juga
Survei LSI Denny JA: Gibran Cawapres Terpopuler, Prabowo-Gibran Jadi Duet Maut

Sementara itu berdasarkan simulasi tiga nama, Ganjar meraih elektabilitas 34,1 persen, unggul tipis dari Prabowo dengan 31,3 persen. Sementara Anies Baswedan 19,2 persen.

Sementara elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo dan Aneis Baswedan jika mereka masing-masing dihadapkan langsung.

"Hasil survei menunjukkan terjadinya akumulasi perolehan suara untuk Prabowo dalam skema head to head, dua calon berhadapan," tulis Litbang Kompas.

Head to head Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo:
Prabowo Subianto: 52,9 persen
Ganjar Pranowo: 47,1 persen

Head to head Prabowo Subianto vs Anies Baswedan:
Prabowo Subianto: 65,2 persen
Anies Baswedan: 34,8 persen

Head to Head Ganjar Pranowo vs Anies Baswedan:
Ganjar Pranowo: 60,1 persen
Anies Baswedan: 39,9 persen

Artikel lainnya: Patung Raksasa KAWS Dipamerkan di Candi Prambanan, Cek Harga Tiket Masuknya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait