Aktor Syakir Daulay Disomasi, Dituding Lecehkan Teks Proklamasi

  • Arry
  • 31 Agt 2023 11:43
Aktor Syakir Daulay(@syakirdaulay/instagram)

Aktor Syakir Daulay disomasi ikatan alumni Universitas Bung Karno atau UBK bersama dengan Pengurus Advokat Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasihat Hukum Islam. Syakir disebut telah melecehkan teks proklamasi.

Kasus ini bermula dari aktivitas Syakir yang menjadi sutradari film Imam Tanpa Makmum. Syakir pun mengunggah video mempromosikan film yang dia bintangi juga.

Pada cuplikan video itu, Syakir Daulay tampil seperti Soekarno. Dia mengenakan peci hitam dan baju putih ala Bung Karno. Syakir pun memegang sebuah naskah dan berbicara di depan mic yang diset seperti saat Soekarno membaca teks Proklamasi.

Video itu diberi judul Proklamasi. Namun, apa yang dibacakan Syakir Daulay bukanlah teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dia membacakan proklamasi ajakan menonton film Imam Tanpa Makmum.

"Kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, keprihatinan kami terhadap perfilman Indonesia. Hal hal mengenai film percintaan dan perhororan membuat kami semakin kesepian, karena tidak ada yang mau diajak jalan," ucap Syakir dengan logat yang dibuat-buat.

Baca juga
Sempat Dibuang Soekarno, Begini Sejarah Naskah Proklamasi

"Maka dari itu, kami jomblo jomblo bangsa Indonesia menyatakeun, akan merilis film yang berperikejombloan. Hal-hal mengenai judul film, penayangan dan lain lain akan kami nyatakeun dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," tambahnya.

Video itu pun membuat geram alumni UBK dan Pengurus Advokat Perkumulan Pengacara Islam.

"Kami Alumni mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), bersama beberapa Pengurus Advokat Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat hukum Islam Indonesia (PPIPHI), akan somasi terbuka saudara Syakir Daulay," ujar Ketua Jaringan Alumni mahasiswa UBK, Arifin Zainal.

Untuk diketahui, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Proklamasi memiliki arti pemberitahuan resmi kepada seluruh rakyat; pemakluman; pengumuman.

Artikel lainnya: Hotman Paris Sentil Banyak Pejabat Pakai Bahu Jalan Tol Tak Ditilang, Ini Kata Polisi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait