Kasus Kopi Sianida, Jessica Wongso Tolak Ajukan Grasi Tapi Ngaku Bunuh Mirna Salihin

  • Arry
  • 6 Okt 2023 11:38
Jessica Wongso terpidana kasus pembunuhan Mirna Salihin melalui kopi Vietnam bercampur sianida(ist/ist)

Film dokumenter Ice Cold yang mengangkat kasus kopi sianida menarik perhatian publik. Bahkan tak sedikit yang menilai Jessica Wongso bukanlah pelaku pembunuhan sahabatnya, Wayan Mirna Salihin.

Simpati terhadap Jessica Wongso, terpidana pembunuhan 20 tahun penjara itu, terus berdatangan. Banyak pula yang menyarankan agar Jessica mengajukan upaya hukum luar biasa lagi.

Bahkan pengacara Hotman Paris Hutapea menyarankan agar Jessica Wongso mengajukan grasi ke Presiden Joko Widodo untuk segera bebas.

Kuasa hukum Jessica Wongso, Otto Hasibuan, mengaku sudah pernah meminta agar kliennya mengajukan upaya grasi pada 3 tahun lalu. Mertua artis Jessica Mila itu pun langsung menanyakan hal tersebut ke Jessica Wongso.

Baca juga
Hotman Paris Ungkap cara Bebaskan Jessica Wongso dari Kasus Kopi Sianida

"Saya iseng-iseng tanya, Jessica seandainya saya bisa meyakinkan presiden dan otoritas yang lain berdasarkan bukti-bukti agar kamu bisa dibebaskan dengan mengajukan grasi mau gak?" ujar Otto Hasibuan dalam talkshow bersama Karni Ilyas di TV One, Kamis, 5 Oktober 2023.

"Lantas dia tanya 'om kalau grasi syaratnya apa?'. Syaratnya kau harus mengaku dan minta ampun kepada Presiden. Dia bilang 'om maaf saya tidak mau minta ampun dan mengakui perbuatan yang tidak pernah saya lakukan' sedih saya waktu itu," ujar Otto Hasibuan.

Menurut Otto, dirinya sempat kembali menawarkan hal tersebut ke Jessica Wongso. Namun, tawaran itu kembali ditolak.

"Lima atau tiga hari yang lalu, saya bicara lagi sama Jessica. Karena waktu itu saya pikir kau mungkin baru beberapa tahun di dalam, belum tahu rasa sakitnya," ujar Otto Hasibuan.

Baca juga
Cerita Reza Indragiri Diguyur Uang Agar Bumgkam di Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso

"Setelah 7 tahun ini, siapa tahu kau berubah karena sudah terlalu menderita di penjara. Saya tanya lagi sama Jessica 'Yang kedua kali saya tanya, mau nggak kamu?'."

"Katanya 'Om jangan tanya-tanya, biar saya di sini mau 10 tahun, seumur hidup saya tidak mau mengakui perbuatan yang tidak saya lakukan," tutur Otto Hasibuan.

Jessica Wongso divonis 20 tahun penjara oleh majlies hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Jessica dinyatakan terbukti bersalah membunuh Wayan Mirna dengan mencampurkan sianida ke Ice Coffe Vietnam.

Jessica Wongso pun telah mengajukan berulang kali upaya hukum. Namun usahanya itu kandas. Pengadilan tetap memvonis Jessica Wongso selama 20 tahun penjara.

Artikel lainnya: Hasil Liga Europa: AS Roma Pesta Gol, Liverpool Perkasa, Drama Marseille vs Brighton

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait