KPK: Ada Aliran Dana Miliaran Rupiah ke NasDem Atas Perintah Syahrul Yasin Limpo

  • Arry
  • 13 Okt 2023 21:34
Mantan Menteri Pertanian dan juga politisi Partai NasDem Syahrul Yasin Limpo (nasdem/nasdem.id)

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK mengungkapkan aliran dana yang diduga berasal dari hasil korupsi yang dilakukan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Salah satunya mengalir ke Partai NasDem, partai SYL bernaung.

"Ditemukan juga aliran penggunaan uang sebagaimana perintah SYL yang ditujukan untuk kepentingan Partai NasDem dengan nilai miliaran rupiah," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di gedung KPK, Jakarta, Jumat, 13 Oktober 2023.

Namun Alex tidak merinci jumlah uang yang mengalir ke NasDem. Menurutnya, aliran uang itu masih didalami penyidik.

"KPK akan terus mendalami," kata dia.

Baca juga
Syahrul Yasin Limpo Ditahan KPK, Firli Bahuri Kemana?

Alex juga mengungkapkan, dana yang diduga berasal dari hasil korupsi digunakan Syahrul Yasin Limpo untuk kepentingan pribadi dan keluarganya.

"Penggunaan uang oleh SYL diketahui KS dan MH antara lain untuk pembayaran cicilan kartu kredit, cicilan pembelian mobil Alphard milik SYL, perbaikan rumah pribadi, tiket pesawat bagi keluarga, hingga pengobatan dan perawatan wajah bagi keluarga yang nilainya mencapai miliaran rupiah," katanya.

"Terdapat penggunaan uang lain oleh SYL bersama-sama KS dan MH serta sejumlah pejabat di Kementerian Pertanian untuk ibadah umrah di Tanah Suci senilai miliaran rupiah," kata Alexander.

Baca juga
SYL Baru Diperiksa Jumat Tapi Kamis Sudah Ditangkap, KPK: Khawatir Melarikan Diri

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo, Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, dan Direktur Kementan Muhammad Hatta sebagai tersangka. Mereka pun kini telah ditahan.

SYL Cs dijerat dengan Pasal 12 huruf e dan 12B UU Pemberantasan Tipikor. Selain itu, mereka juga dijerat Pasal 3 dan/atau Pasal 4 UU nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Artikel lainnya: Baru Setahun Menikah, Artis Catherine Wilson Digugat Cerai Idham Mase

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait