Usai di Bali, Poster Ganjar-Mahfud MD di Sumut Juga Dicopoti Satpol PP

  • Arry
  • 11 Nov 2023 15:22
Baliho Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Gianyar Bali dicopoti Satpol PP di tengah kunjungan Presiden Jokowi(ist/ist)

Poster bergambar calon presiden Ganjar Pranowo di daerah Pematang Siantar, Sumatera Utara, dicopoti Satpol PP. Belum diketahui kapan pencopotan berlangsung, namun saat ini Ganjar diketahui tengah safari politik di Sumut.

Pencopotan poster Ganjar itu viral di media sosial. Dalam video yang beredar terlihat seorang pria mencabut poster Ganjar yang ditempel di tiang listrik. Poster itu kemudian ditaruh di sebuah truk.

Kasatpol PP Pematang Siantar Pariaman Silaen buka suara soal aksi pencopotan poster tersebut. Menurutnya, pemasangan poster melanggar UU Pemilu.

"Kami hanya menertibkan spanduk yang berada di depan sekolah dan kantor pemerintah. Karena melanggar ketentuan UU Pemilu," kata Pariaman, Sabtu, 11 November 2023.

Baca juga
Presiden Jokowi Kunjungan ke Bali, Baliho Ganjar-Mahfud Dicopoti

Pariaman menjelaskan, berdasarkan UU Pemilu, poster hingga baliho yang berkaitan dengan politik tidak diizinkan dipasang di depan sekolah maupun gedung pemerintahan.

"Kebetulan yang ada di depan sekolah, spanduk Ganjar. (Spanduk) depan SMA Kartika jalan Kartini, Nommensen Jalan Asahan," tutup dia.

Sebelumnya, pencopotan atribut kampanye Ganjar di Gianyar, Bali juga dicopoti. Pencopotan dilakukan jelang kedatangan Presiden Jokowi ke daerah tersebut.

Sekda Bali, Dewa Made Indra, memastikan pencopotan baliho itu diambil usai rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) bersama Israna.

Dalam rapat diputuskan, semua alat peraga yang tidak berhubungan dengan kegiatan Presiden Jokowi dalam radius 200 meter dari lokasi kunker akan dibersihkan sementara.

"Tidak bermuatan politik. Pembersihan di lokasi kunker presiden dilakukan tanpa memandang capres dan partai tertentu," kata Indra dalam siaran pers.

Artikel lainnya: Selamat! Aurel Hermansyah Lahirkan Anak Kedua di Tanggal Cantik 11.11

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait