Anies: Jangan Sebut Wakanda dan Konoha Untuk Panggil Indonesia

  • Arry
  • 23 Nov 2023 09:36
Anies Baswedan(ist/ist)

Anies Baswedan menyoroti kebebasan berpendapat di Indonesia. Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu pun menyoal istilah Wakanda dan Konoha yang sering dipakai netizen.

"Jangan sampai ada istilah Wakanda dan Konoha hanya karena kita tidak berani menyebut nama Indonesia," kata Anies dalam Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rabu, 22 November 2023.

Untuk diketahui, netizen biasanya menggunakan istilah Wakanda dan Konoha saat hendak mengritik suatu kebijakan pemerintah Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari ancaman dari UU ITE.

Baca juga
Viral 7 Presiden Indonesia Disulap Jadi Hokage di Naruto, Ini Penampakannya

Anies menyatakan, hal tersebut tidak boleh terjadi lagi. Sebab, warga negara harus bisa menyampaikan kritik ke pemerintah tanpa ada rasa takut.

Anies pun sudah berencana merevisi UU ITE jika dia terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024. Sebab, UU tersebut dinilai telah membelenggu kebebasan masyarakat Indonesia.

"Karena khawatir ada UU ITE yang memprosesnya. Insyaallah UU yang membelenggu kebebasan itu yang direncanakan direvisi ke depannya," tuturnya.

"Indonesia hari ini mengalami kemunduran di dalam kegiatan negaraan dan demokrasi. Indeks demokrasi kita turun dari 2015 ke 2022, indeks kebebasan pers turun, indeks persepsi korupsi turun," tutupnya.

Artikel lainnya: Ketua KPK Firli Bahuri Jadi Tersangka Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait