Hujan Deras, 4 RT di Jakarta Banjir Hingga 70 Cm

  • Arry
  • 24 Nov 2023 23:19
Ilustrasi banjir(ist/pixabay)

Hujan deras mengguyur DKI Jakarta pada Jumat, 24 November 2023 siang hingga malam. Akibatnya, sejumlah wilayah di Ibu Kota banjir dengan ketinggian hingga 70 cm.

BPBD DKI Jakarta mencatat, ada 4 RT di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan kebanjiran. Data ini tercatat hingga puul 20.30 WIB.

"BPBD mencatat genangan terjadi di 4 RT atau 0,013% dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya.

Berdasarkan data BPBD, banjir terjadi di 2 RT di Jakarta Barat, yakni di Kelurahan Sukabumi Selatan dan 2 RT di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Berikut datanya:

Jakarta Barat terdapat 2 RT yang terdiri dari:

  • Kelurahan Sukabumi Selatan
    - Jumlah: 2 RT
    - Ketinggian: 30 s.d 70 cm
    - Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Pesanggrahan

Jakarta Selatan terdapat 2 RT yang terdiri dari:

  • Kelurahan Kuningan Barat
    - Jumlah: 2 RT
    - Ketinggian: 50 s.d 60 cm
    - Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Pesanggrahan

Selain perumahan, jalanan raya pun juga digenangi banjir seperti di Jl Ciledug Raya Seskoal (depan Hotel Fontana). Namun kini genangan di jalan tersebut sudah surut.

"Jalan tergenang yang sudah surut," ujar Isnawa.

Isnawa menyebut BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," imbuhnya.

Artikel lainnya: Mobil Satpol PP Tabrak Ojol, Driver Tewas Terpental Jatuh dari Flyover MOI

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait