AC Citilink Jakarta-Padang Mati Bikin Penumpang Kepanasan 1 Jam, Ini Kata maskapai

  • Arry
  • 3 Des 2023 12:41
Pesawat Citilink(citilink/citilink.co.id)

Penumpang maskapai Citilink Jakarta-Padang mengeluhkan AC di pesawat yang ditumpanginya mati. Kondisi ini dialami selama satu jam dan membuat para penumpang panik.

Seorang penumpang bernama Ari menjelaskan, peristiwa ini terjadi pada Sabtu, 2 Desember 2023. Pesawat hendak terbang ke Padang dari Bandara Soekarno Hatta.

Sekitar pukul 12.45 WIB, seluruh penumpang sudah masuk ke pesawat. Namun pesawat tak kunjung terbang dan hanya berputar-putar saja di landasan selama satu jam dalam kondisi AC mati.

"Harusnya terbang jam 12 siang, terus kemarin dikabari lewat chat, katanya delay jam 12.30. Tapi sampai sini delay jam 12.45, jadi ini delay-nya dua kali," kata Ari dikutp dari kumparan, Minggu, 3 Desember 2023.

Baca juga
Citilink Mendarat Darurat dan Pilot Meninggal Dunia, Ini Kronologinya

"Pas udah di taxiway eh diputerin satu lap, panas bener nyaris sejam," tutur penumpang lainnya.

Setelah satu jam berputar-putar saja di landasan Bandara Soetta, penumpang akhirnya diturunkan kembali. Pihak maskapai kemudian mengganti pesawat tersebut untuk dipakai para penumpang.

"Sekarang sudah ada AC yang lebih dingin, tadi panas sekali. Tadi panas semua orang kipas-kipas, termasuk pramugarinya. Anak-anak kecil menangis [karena kepanasan]," ujarnya.

Pihak maskapai, Citilink buka suara soal insiden tersebut. Head of Corporate Secretary & CSR Division Citilink Indonesia, Haza Ibnu Rasyad, peristiwa tersebut terjadi pada penerbangan QG 962 rute Bandara Soekarno Hatta-Bandara Internasional Minangkabau pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Baca juga
Kronologi Citilink Mendarat Darurat Gegara Bocah Tarik Pintu Darurat

Haza menjelaskan, penerbangan tersebut dijadwalkan berangkat pukul 12.45 WIB. Namun keberangkatan mengalami penundaan karena adanya masalah teknis operasional.

"Sehingga pilot memutuskan melakukan return to apron (RTA) ketika pesawat sedang dalam taxi out menuju runway," kata Haza.

"Petugas Citilink juga telah memberikan penjelasan kepada penumpang yang ada dalam penerbangan tersebut dan penumpang dapat menerima penjelasan yang diberikan dengan baik," tuturnya.

"Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan serta keamanan penerbangan, oleh karena itu kami selalu berupaya sejak dini dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan," ujarnya.

Artikel lainnya: Cerita Sudirman Said Dimarahi Jokowi Soal 'Papa Minta Saham' Setnov, Istana Bereaksi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait