Kronologi Citilink Mendarat Darurat Gegara Bocah Tarik Pintu Darurat

  • Arry
  • 28 Sep 2021 19:13
Maskapai Citilink(Citilink/citilink.co.id)

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 944 mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan pada Senin (27/9). Pesawat Citilink itu rute Jakarta-Batam.

VP Corporate Secretary & CS PT Citilink Indonesia, Diah Suryani, mmenjelaskan, pesawat mendarat darurat karena ada seorang bocah yang melepas tuas pintu darurat. Akibatnya, pesawat dialihkan pada sekitar pukul 16.05 WIB.

"Kejadian disebabkan oleh penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan tersebut melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orang tuanya," kata Diah di Jakarta, Selasa, 28 September 2021.

Baca Juga:
Gegara Bocah Tarik Tuas Pintu Darurat, Citilink Mendarat Darurat

Saat itu, lanjut Diah, awak kabin langsung melakukan tindakan sesuai prosedur. Pilot langsung memutuskan mengalihkan penerbangan ke bandara terdekat.

"Operasional penerbangan Citilink tetap berjalan dengan normal dan seluruh penumpang yang berada dalam penerbangan tersebut berada dalam kondisi baik," ujarnya

Sesampainya di darat, awak kabin kemudian mengambil keterangan dari orang tua bocah tersebut. Mereka juga diperiksa pihak berwenang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Diah menjelaskan, pesawat juga langsung diperiksa tim teknis otoritas terkait. Hasilnya, pesawat dinyatakan aman dan dapat melanjutkan perjalanan ke Batam.

"Citilink mengangkut anak-anak atas izin dan rekomendasi dari tim Satgas COVID-19 setempat (Bandar udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang). Dalam hal ini, Citilink bertugas untuk memeriksa kembali kelengkapan dokumen calon penumpang sebelum akan naik ke pesawat," jelasnya.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait