TKN Prabowo-Gibran Sebut Debat Cawapres Didampingi Capres Usulan Tim AMIN

  • Arry
  • 3 Des 2023 15:30
Pemilu Serentak(kominfo/kominfo.go.id)

Debat cawapres yang didampingi capres mengundang kontroversial. Sistem debat ini ditengarai untuk melindungi salah satu calon.

Namun, anggota Dewan Pakar tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Drajad H Wibowo, mengungkapkan soal debat cawapres tersebut. Dia mengklaim sistem tersebut disusulkan tim Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias AMIN.

"Seolah-olah hal itu dilakukan untuk memberi keuntungan kepada pak Prabowo, dan lebih khusus lagi kepada Mas Gibran," kata Dradjad dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu, 3 Desember 2023.

Dradjad membeberkan hasil rapat dan diskusi bersama KPU yang dihadiri perwakilan ketiga paslon. Rapat digelar pada 29 November 2023.

"Rapat tersebut dibuka oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari, dilanjutkan dengan paparan dari KPU mengenai tanggal, tempat, tema, format acara, desain dan susunan acara debat. Setelah itu perwakilan setiap paslon diberi kesempatan menyampaikan masukan/usulan," kata Dradjad.

Baca juga
Catat, Jadwal 5 Debat Capres-Cawapres

"Perwakilan Anies-Muhaimin menyampaikan beberapa masukan/usulan. Salah satunya berbunyi kira-kira sebagai berikut: 'Agar dalam setiap sesi debat, capres dan cawapres hadir bersama, pembagian waktu/porsi berbicara silakan diatur oleh KPU'."

"Usulan ini disampaikan oleh seorang Ibu dari perwakilan Anies-Muhaimin dan dikuatkan oleh rekannya. Notulis kami tidak mengetahui nama keduanya, tapi saya yakin KPU mempunyai daftar hadir, atau mungkin rekaman dari rapat tersebut," kata Dradjad.

"Dengan demikian, jelas dan gamblang bahwa Presiden Jokowi sama sekali tidak melakukan intervensi urusan debat kepada KPU. Bahkan saya pribadi meyakini beliau tidak mengetahui tentang adanya usulan tersebut," ujar Dradjad.

"Merujuk notulen internal kami, yang kami pahami adalah bahwa usulan tersebut datangnya justru dari tim Anies-Muhaimin. Karena itu, saya pribadi terkejut membaca bahwa capres Anies Baswedan terkejut. Merujuk notulen internal kami, tim Anies sudah berbicara dan bahkan yang mengusulkannya," katanya.

Artikel lainnya: 6 Ciri-ciri WhatsApp Anda Disadap Orang Lain

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait