Lontarkan Istilah Asing 'Greenflation', Gibran Sindir Gelar Profesor Mahfud MD

  • Arry
  • 21 Jan 2024 22:45
Debat Cawapres: Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka(kpu ri/youtube)

Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, kembali melontarkan pertanyaan istilah asing. Kali ini, putra sulung Presiden Jokowi itu memberikan pertanyaan 'greenflation'.

Istilah 'Greenflation' itu ditanyakan Gibran ke cawapres nomor urut 03, Mahfud MD saat debat Cawapres 2024 di Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024.

"Bagaimana cara mengatasi Greenflation?" tanya Gibran ke Mahfud.

Mahfud terlihat kebingungan dengan istilah Greenflation itu yang ditanyakan Gibran. Dia pun meminta agar Gibran menjelaskan soal istilah tersebut.

"Ini tadi tidak saya jelaskan karena beliau kan seorang profesor," kata Gibran.

Baca juga
Debat Cawapres 2024: Cak Imin Selepet Prabowo Pakai Tanah 500 Ribu Ha dan Food Estate

Mahfud pun kemudian mencoba menjawab pertanayan soal Greenflation itu. Menurutnya, Greenflation sama halnya seperti ekonomi hijau.

Menanggapi jawaban Mahfud MD, Gibran kemudian berakting seperti seseorang tengah mencari.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya? Saya tanya inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau,” tutur Gibran.

Menurut Gibran, greenflation seperti halnya demo rompi kuning di Perancis.

“Bahaya sekali, sudah memakan korban, nah ini harus kita antisipasi jangan sampai terjadi di Indonesia. Kita belajar dari negara maju. Negara maju saja masih ada tantangan-tantangannya. Intinya transisi menuju energi hijau harus super hati-hati,” kata Gibran.

Usai Gibran menelaskan, moderator kemudian memberikan kesempatan bagi Mahfud MD menanggapi.

Baca juga
Debat Cawapres, Mahfud MD: Food Estate Gagal dan Rusak Lingkungan, Rugi Dong Kita!

“Saya juga mencari tuh, jawabannya ngawur juga tuh. Ngarang-ngarang ndak karuan, mengaitkan dengan sesuatu yang tidak ada. Kalau akademis itu tanya-tanya kayak gitu recehan,” ujar Mahfud.

“Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya. Oleh sebab itu saya kembalikan ke moderator. Ini ndak layak dijawab pertanyaan kayak gini,” kata Mahfud.

“Saya kembalikan, ndak ada gunanya menjawab,” kata Mahfud.

Tema debat Cawapres kali ini mengambil tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Artikel lainnya: Gunung Merapi Meletus Lagi, Boyolali Hingga Klaten Diguyur Hujan Abu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait