Viral Gibran Lulus dengan IPK 2,3, Ini Cara Penilaian di Universitas Luar Negeri

  • Arry
  • 24 Jan 2024 11:25
Debat Cawapres 2024: Gibran Rakabuming Raka(kpu ri/youtube)

Latar belakang pendidikan Gibran Rakabuming Raka mendapat sorotan. Capres nomor urut 02 itu disebut lulus dengan mendapat IPK 2,3.

Perihal IPK 2,3 yang diraih Gibran itu viral usai akun @BangBudiKur mengunggah ijazah putra sulung Presiden Jokowi itu. Dalam ijazah tersebut terliihat Gibran telah menyelesaikan pendidikan di University of Bradford.

Dalam ijazah itu juga tertera Gibran mendapatkan gelar Bachelor of Scince of Marketing. Gibran juga mendapatkan award atau nilai Second Class Honours Second Division.

"Gibran itu lulus S1 dapat nilai lower second class honours (setara 48). Untuk nilai segitu, daftar kuliah master aja susah diterima. Itu setara IPK 2.3 kalau sistem Indonesia," bunyi cuitan Budi, dikutip Rabu, 24 Januari 2024.

Dia mengunggah keterangan dari universitas yang ada di Inggris itu nilai rerata yang diraih Gibran berarti 48 persen.

Viral IPK Gibran 2,3

Cuitan itu pun menuai kontroversi. Ada yang meremehkan nilai kelulusan cawapres itu dengan mengaitkan penampilan Gibran saat Debat Cawapres. Namun ada pula yang memberikan penjelasan mengenai penilaian di kampus luar negeri.

Mengutip laman University of Bradford, berikut empat kategori nilai yang diberikan:

  • First Class Honours 68.0%
  • Second Class Honours - First Division 58.0%
  • Second Class Honours - Second Division 48.0%
  • Third Class Below 48.0%

Namun di Inggris, sistem pemeringkatan di tiap universitas berbeda. Namun, peniaian di atas 50 persen sudah dianggap memiliki prestasi yang baik.

"Mendapatkan nilai di atas 50 persen berarti Anda mulai memahami beban di tingkatan pendidikan Anda saat ini," bunyi keterangan dikutip dari laman imperial.ac.uk.

"Ingatlah, di universitas, nilai yang ada di rentang 50-70 persen sudah amat sangat normal," kata kampus ini sambil menambahkan, nilai akan semakin baik seiring si mahasiswa terbiasa dengan beban di universitas, dan dengan gaya yang dibutuhkan oleh jurusan yang diambil.

Imperial College sendiri memiliki klasifikasi penilaian kelulusan yang hapir mirip dengan University of Bradford.

Nilai kelulusan di Imperial College London:

  • First-Class Honours (First or 1st) (70 persen atau lebih tinggi lagi)
  • Upper Second-Class Honours (2:1, 2.i) (60-70 persen)
  • Lower Second-Class Honours (2:2, 2.ii) (50-60 persen)
  • Third-Class Honours (Third or 3rd) (40-50 persen)

Pendidikan Gibran

Diketahui, Gibran Rakabuming Raka mengenyam pendidikan SMA di Orchid Park Secondary School, Singapura. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah ternama di Singapura.

Lulus dari Orchid Park Secondary School, Gibran melanjutkan kuliah di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Dia menyabet ijazah sarjana pada 2007.

Namun, gelar sarjana itu dak didapat di MDIS, tetapi dari University of Bradford, Inggris. Hal ini lantaran MDIS menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus di Inggris, salah satunya, University of Bradford.

University of Bradford sendiri berada di peringkat 500-600 (Times Higher Education 2023) dan 641-650 (QS 2024).

Artikel lainnya: Presiden Jokowi Soroti Jalan Rusak di Jateng, Ganjar: Terima Kasih Pak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait