Viral Nyicil Uang Kuliah di ITB Via Pinjol, Bunganya Gede Banget

  • Arry
  • 26 Jan 2024 10:56
Institut Teknologi Bandung atau ITB(itb/itb.ac.id)

Viral di media sosial soal kampus Institut Teknologi Bandung atau ITB menawarkan pinjaman online atau membayar uang kuliah dengan cara menyicil. Besaran bunganya mendapat sorotan.

Informasi ini viral usai diunggah akun X, @ITBfess. Dalam unggahannya disebutkan ITB bekerja sama dengan pihak ketiga yakni Danacita. ITB menyatakan Danacita sebagai mitra resmi untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Dalam foto itu terlihat penawaran pembayaran UKT dengan dicicil selama 6-12 bulan. Proses pengajuan tanpa down payment (DP) dan tanpa jaminan apapun, layaknya aplikasi pinjol lainya.

Disebutkan, apabila peminjam mengajukan dana senilai Rp 12,5 juta dengan tenor selama 12 bulan, maka perbulannya peminjam harus membayar senilai Rp 1.291.667. Diinformasikan pula bahwa biaya bulanan platform yakni sebesar 1,75 persen dan biaya persetujuan 3,00 persen.

"bajigurr, solusi yang ditawarin itb! gede lagi anjir bunganya," demikian tulis unggahan itu dikutip Jumat, 26 Januari 2024.

Bayar uang kuliah di ITB nyicil via pinjol

Kepala Humas ITB, Naomi Haswanto, membenarkan informasi tersebut. Dia mengakui ITB menggunakan lembaga keuangan untuk membantu pembayaran kuliah bagi para mahasiswanya.

"ITB (seperti PTN/PTS lain) bekerja sama dengan lembaga non-bank," kata Naomi.

Naomi pun menegaskan, lembaga keuangan Danacita yang menjadi mitra ITB, sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan alias OJK.

"Sudah berizin OJK untuk tata cara pembayaran uang kuliah," katanya.

Artikel lainnya: Heboh Beras Bulog Ditempeli Stiker Prabowo-Gibran, Dirut Buka Suara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait