Film Pengkhianatan G30S PKI Tayang di TVOne dan MNCTV, Simak Jadwalnya

  • Arry
  • 29 Sep 2021 14:37
Monumen Pancasila Sakti(cagarbudaya kemendikbud/kemendikbud.go.id)

Film Pengkhianatan Gerakan 30 September atau G30S kembali akan ditayangkan. Film yang populer di masa Orde baru itu akan tayang di TV One dan MNC TV.

Berdasarkan promosi di media sosialnya, MNC TV akan menayangkan film G30S itu pada Rabu, 29 September 2021 pukul 19.45 WIB. Sementara TV One akan menayangkannya pada Kamis, 30 September pukul 21.00 WIB.

Film Pengkhianatan G30S/PKI ini digarap sutradara Arifin C Noer. Film ini dibuat untuk mengenang momen sejarah yang terjadi pada 30 September 1965.

Baca Juga
Siapa AY Nasution, yang Suruh Bongkar Patung Soeharto di Kostrad?

Pada masa Orde Baru, film ini selalu tayang setiap tanggal 30 September. Pemerintah pun mewajibkan agar film ini ditonton. Namun, kini kewajiban itu sudah dihapus lantaran film itu dinilai banyak kontroversi.

Film ini bercerita tentang aksi penculikan dan pembunuhan 6 jenderal dan 1 perwira TNI atau yang mereka sebut sebagai Dewan Jenderal. Partai Komunis Indonesia dituduh sebagai dalang dalam gerakan tersebut.

Pasukan pengawal Presiden Soekarno yang disebut Cakrabirawa dimanfaatkan untuk melakukan aksi penculikan dan pembunuhan terhadap Dewan Jenderal itu. Aksi dipimpin perwira Angkatan Darat, Letkol Untung.

Baca Juga
Pemerintah Izinkan PKI Berdiri Lagi, Benarkah?

Ada tujuh perwira tinggi ABRI yang diincar. Namun, Jenderal AH Nasution saat itu lolos dari aksi penculikan tersebut. Justru yang menjadi korban adalah putrinya, Ade Irma Suryani, dan ajudannya yakni Lettu Pierre Andreas Tendean dan putrinya, Ade Irma Suryani.

Saat penculikan, tiga jenderal tewas di tempat dan sisanya diculuk dan disiksa di kawasan Lubang Buaya. Tujuh orang yang menjadi korban penculikan adalah:

1. Letjen Ahmad Yani (Kastaf Komando AD)
2. Mayjen TNI Raden Suprapto (Deputi II Menteri)
3. Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono (Deputi III Menteri)
4. Mayjen TNI Siswondo Parman (Asisten I Menteri)
5. Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan (Asisten IV Menteri)
6. Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo (Inspektur Kehakiman)
7. Lettu CZI Pierre Andreas Tendean (ajudan Jendral Nasution)

Semua mayat jenderal tersebut dikuburkan dalam satu lubang kecil di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait