Sepak Terjang AHY: Pensiun Dini dari TNI, Gagal di Pilgub DKI, Kini Jadi Menteri ATR

  • Arry
  • 21 Feb 2024 13:33
Agus Harimurti Yudhoyono bersama istrinya Annisa Pohan dan putrinya, Almira Tunggadewi Yudhoyono(@agusyudhoyono/x.com)

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY resmi dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang mengisi kursi kosong Menko Polhukam.

Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN dilakukan bersama dengan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam di Istana Negara, Rabu, 21 Februari 2024. Pelantikan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Acara pelantikan dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR Yandri Susanto, Wakil Ketua MPR Syarief Hasan, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

AHY dan Hadi Tjahjanto dilantik berdasarkan Keppres tersebut Keppres Nomor 34/P tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Baca juga
AHY Bakal Jadi Menteri Agraria, Demokrat: Doakan Saja

Presiden jokowi kemudian membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti AHY dan Hadi.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata AHY mengikuti Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut AHY.

Dengan pelantikan ini, AHY pun resmi menjadi menteri. Dia adalah menteri pertama dari Partai Demokrat yang mengisi Kabinet Jokowi. Dan ini pertama kali Demkorat kembali hadir di jajaran menteri setelah 9 tahun absen.

Baca juga
Istana Ungkap Pembicaraan Presiden Jokowi dan AHY di Yogyakarta

Bagaimana sepak terjang AHY hingga menjadi Menteri ATR?

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY lahir di Bandung pada 10 Agustus 1978. Dia adalah anak kedua dari Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dan istrinya, Ani Yudhoyono. AHY juga merupakan cucu dari Letjen. TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, yang merupakan ayah dari ibunya, Ani Yudhoyono.

AHY menikah dengan seorang model bernama Annisa Larasati Pohan pada usia 27 tahun. Annisa Pohan merupakan anak dari mantan Deputi Gubernur BI, Aulia Pohan. Dari pernikahannya ini, dia dikaruniai seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono yang lahir pada 17 Agustus 2008.

Sebelum terjun ke politik, AHY adalah perwira militer dengan pangkat terakhir Mayor Inf. Tugas terakhir yang AHY emban selama pengabdiannya di TNI adalah sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203.

Baca juga
Jokowi Kode Demokrat Masuk Kabinet, AHY Unggah Foto Panen Apel dan Singgung Pertanian

Pada September 2016, AHY mengundurkan diri dari TNI untuk ikut dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Dia berpasangan dengan Sylviana Murni. Namun, AHY kalah di putaran pertama. Pilgub DKI 2017 itu kemudian dimenangi Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Usai kalah dari Pilgub DKI, AHY melanjutkan karier politiknya di Partai Demokrat. Kemudian pada Februari 2018, AHY dipercaya Partai Demokrat menjadi Komandan Kogasma (Komando Satuan Tugas Bersama) untuk Pemenangan Pemilu 2019.

Usai Pemilu 2019, AHY kemudian dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. Kemudian, tepat pada 15 Maret 2020, AHY terpilih secara aklamasi untuk menjadi Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Dia menggantikan posisi ayahnya sebagai ketua umum.

Pada Pilpres 2024, AHY bersama Partai Demokrat sempat bergabung dengan Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan. Namun setelah koalisi memilih Muhaimin Iskandar sebagai cawapres, AHY memutuskan keluar dari Koalisi Perubahan.

AHY memutuskan Partai Demokrat gabung ke Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuing Raka. Usai Pilpres usai, kini AHY dipercaya menjadi Menteri ATR, menggantikan Hadi Tjahjanto.

Artikel lainnya: Lengkap! Promo HUT ke-67 BCA: Ada Diskon Makanan 67% Hingga Diskon Gadget Rp1,67 Juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait