PPP Ungkap Kenehan Suara PSI: Dapat 6 Ribu Ditulis 10 Ribu, Suara Caleg Pindah ke PSI

  • Arry
  • 5 Mar 2024 12:12
Pemilu(kominfo/kominfo.go.id)

Kenaikan suara Partai Solidaritas Indonesia atau PSI mendapat sorotan. Kini PPP menemukan kejanggalan dalam penghitungan suara yang diraih partai yang dipimpin putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengungkapkan adanya keanehan perolehan suara PSI di Banjarnegara, jawa Tengah. Menurutnya, penghitungan suara secara anual sudah selesai namun belum di Sirekap KPU.

"Di Kabupaten Banjarnegara, suara PSI dapat 6 ribu sekian tapi di Sirekap tertulis 10 ribu sekian," kata Achmad Baidowi, Senin, 4 Maret 2024.

"Padahal hasil rekap sudah selesai 100 persen suaranya 6 ribu sekian, tapi di Sirekap masih 84 persen itu suaranya 10 ribu sekian," ungkap pria yang akrab disapa Awiek itu.

Baca juga
Real Count KPU Pileg 2024 5 Maret: Suara PSI dan Gelora Kini Tertahan, PDIP Teratas

"Ada anomali begini. Masa dibilang wajar begini? Enggak wajar kan Saya minta KPU bertindak profesional-lah, bekerja sesuai UU. Jangan bekerja atas nama order pihak-pihak tertentu," katanya.

"Dan saya yakin teman-teman KPU menjaga integritas. Ini kan temuan di bawah, bukan di KPU pusat," tutup dia.

Selain itu, Awiek juga melayangkan protes ke KPU dan Bawaslu Sampang. Sebab, dia menemukan suaranya di 2 TPS di Sampang beralih ke parpol lain, termasuk PSI.

"Di 2 TPS itu ada pergeseran ke partai lain, termasuk PSI di dalamnya. 200 (suara) berapa begitu, tiba-tiba berubah ke sejumlah partai," kata Awiek.

"C1 kita kan punya tapi ketika dihitung di kecamatan di situ enggak ada suaranya. Kalau di Sirekapnya belum diupload tapi ini fakta di bawah. Iya saksi temuin dikasih ke kecamatan, lalu lapor ke Bawaslu," ujarnya.

Baca juga
Respons Jokowi Usai Perolehan Suara PSI Melonjak

Menurutnya, saat ini laporannya itu masih ditelusuri Bawaslu Sampang. Selain itu pihak terlapor juga sudah mulai dimintai keterangan.

"Terlapornya sudah dimintai keterangan, hari ini kan rekap kabupaten, saya minta suara itu dikembalikan. Kalau enggak ya kita lanjut di provinsi," katanya.

"Saya minta KPU bertindak profesional-lah, bekerja sesuai UU. Jangan bekerja atas nama order pihak-pihak tertentu. Dan saya yakin teman-teman KPU menjaga integritas. Ini kan temuan di bawah, bukan di KPU pusat," ujarnya.


Respons PSI

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie optimis partainya mampu lolos ke Senayan dengan cara yang benar. Apalagi survei internal menunjukkan suara PSI berada di atas ambang batas DPR atau Parliamentary Treshold 4 persen.

"Optimisme kami berasal dari tren positif elektabilitas PSI selama 6 bulan terakhir. Survei internal juga menunjukkan PSI melewati 4 persen. Perolehan kursi di daerah-daerah (DPRD provinsi dan kabupaten) juga naik signifikan," kata Grace dalam keterangannya.

“Penambahan termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah apabila ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini dengan mempertanyakan hal tersebut,” kata Grace.

“Apalagi hingga saat ini masih lebih dari 70 juta suara belum dihitung dan sebagian besar berada di basis-basis pendukung Jokowi di mana PSI mempunyai potensi dukungan yang kuat,” ujarnya.

Artikel lainnya: Harimau Ternyata Suka Makan Durian Juga, Begini Kata pakar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait