5 Keputusan Kontroversial Wasit Nasrullo Kabirov Saat Qatar U-23 vs Indonesia U-23

  • Arry
  • 16 Apr 2024 06:33
Wasit Nasrullo Kabirov mengganjar Ivar Jenner dengan kartu merah usai mendapat kartu kuning kedua di laga Qatar U-23 vs Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 yang berakhir dengan skor 2-0. (ist/ist)

Nasrullo Kabirov menjadi sorotan di laga Qatar U-23 vs Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Wasit asal Tajikistan dinilai membuat sejumlah keputusan kontroversial sepanjang laga.

Duel Qatar U-23 vs Timnas U-23 Indonesia di penyisihan Grup A digelar di Jassem bin Hamad Stadium, Doha, Watar, Senin, 15 April 2024. Pertandingan ini dimenangkan Qatar dengan skor 2-0.

Qatar unggul lewat gol penalti Khaled Ali Binsabaa di babak pertama. Gol kedua Qatar lahir dari tendangan bebas Ahmed Al Rawi.

Dalam laga ini, Nasrullo Kabirov mengusir dua pemain Indonesia, yakni Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta. Jenner mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Saif Eldeen di awal babak kedua. Sedangkan Sananta langsung diganjar kartu merah.

Baca juga
Piala Asia U-23: Bermain 9 Orang, Timnas U-23 Indonesia Kalah 0-2 dari Qatar

Berikut keputusan kontroversial wasit Nasrullo Kabirov:

1. Penalti Qatar

Qatar mendapat hadiah penalti di menit ke-44 babak pertama. Mulanya wasit Nasrullo Kabirov memutuskan pelanggaran dilakukan Mahdi Salem. Namun keputusan itu diralat usai Nasrullo melihat tayangan VAR. Dia kemudian memutuskan memberikan tendangan penalti untuk Qatar dan menyatakan bek Indonesia Rizky Ridho melanggar Mahdi Salem.

2. Kartu merah Ivar Jenner

Wasit Nasrullo Kabirov memberikan kartu kuning kedua untuk Ivar Jenner di awal babak kedua. Padahal dalam tayangan lambat, terlihat kaki Ivar Jenner tidak sengaja menyenggol kaki Eldeen. Namun wasit tetap memberikan Jenner kartu kuning kedua dan mengusirnya dari lapangan.

3. Kartu merah Qatar berubah jadi kuning

Wasit Nasrullo Kabirov sempat mengeluarkan kartu merah untuk pemain Qatar Saif Eldeen yang melanggar Witan Sulaeman dengan keras. Namun, kartu berubah menjadi kuning saat diberikan ke pemain Qatar itu.

4. Kartu kuning ke Shin Tae Yong

Pelatih Indonesia, Shin Tae Yong diganjar kartu kuning usai memprotes keputusan wasit Nasrullo Kabirov yang batal memberikan kartu merah kepada pemain Qatar, Saif Eldeen yang melanggar Witan Sulaeman dengan keras.

5. Tak ada pelanggaran saat arselino didorong Hashmi Al Hussain di depan mata Nasrullo Kabirov

Wasit Nasullo Kabirov mengabaikan pelanggaran yang dilakukan Hashmi Al Hussain yang mendorong Marselino Ferdinan di depan kotak penalti. Padahal pelanggaran itu terjadi tepat di depan mata Nasrullo.

Qatar pun akhirnya memenangi laga dengan kemennangan 2-0 atas Indonesia. Dengan kemenangan ini Qatar beada di peringkat pertama klasemen Grup A. Disusul Australia dan Yordania. Sedangkan Indonesia berada di posisi keempat.

Artikel lainnya: Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Liverpool dan Arsenal Kepleset, Man City Berkuasa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait