Balas Dendam ke Man City, Manchester United Juara Piala FA

  • Arry
  • 26 Mei 2024 00:11
Manchester United juara Piala FA 2023-2024 usai mengalahkan Manchester City 2-1(fa cup/thefa.com)

Manchester United berhasil meraih gelar juara Piala FA. Di partai final, Setan Merah mengalahkan Manchester City dengan skor 2-1.

Duel manchester City vs Manchester United di final FA Cup digelar di Stadion Wembley, London, Sabtu, 25 Mei 2024. Laga ini merupakan partai ulang dari final Piala FA musim lalu yang dimenangkan Man City.

The Citizens langsung mendominasi permainan sejak menit pertama. Sementara Man United tampil lebih sabar dan menerapkan pertahanan ketat dengan memasang Sofyan Amrabat dan Kobbie Mainoo sebagai jangkar ganda.

Meski mendominasi pertandingan. Man City kesulitan menembus pertahanan ketat Setan Merah. Sebaliknya, man United menerapkan serangan cepat dengan umpan-umpan panjang.

Taktik dari Erik ten Hag ini pun akhirnya berhasil menembus pertahanan Man City. Lewat sebuah serangan balik, Alejandro Garnacho berhasil memanfaatkan kesalahan koordinasi antara bek Josko Gvardiol dan kiper Ortega.

    Manchester City vs Manchester United 1-2: Alejandro Garnacho mencetak gol pertama untuk Setan Merah (thefa.com)
Manchester City vs Manchester United 1-2: Alejandro Garnacho mencetak gol pertama untuk Setan Merah (thefa.com)

Dengan Garnacho pun dengan mudah menerima bola liar di kotak penalti dan memasukkan bola ke gawang yang kosong ditinggal Ortega. Man United unggul 1-0.

Permainan umpan-umpan panjang ini kembal efektif. Di menit ke-37, Marcus Rashford berhasil menggandakan keunggulan Setan Merah usai menerima umpan dari Garnacho. Namun gol dianulir lantaran Garnacho sudah offside terleih dahulu.

Namun, selang dua menit, MU akhirnya menggandakan keunggulan lewat taktik yang sama. Kali gol dicetak Kobbie Mainoo yang memanfaatkan umpan dari Bruno Fernandes. MU unggul 2-0.

    Manchester City vs Manchester United 1-2: Kobbie Mainoo menyumbang satu gol untuk kemenangan Man United atas The Citizens di final Piala FA (thefa.com)
Manchester City vs Manchester United 1-2: Kobbie Mainoo menyumbang satu gol untuk kemenangan Man United atas The Citizens di final Piala FA (thefa.com)

Tertinggal dua gol, mmeuat Man City meningkatkan serangan. Namun hingga babak pertama berkahir, tak ada gol lagi yang tercipta. MU memimpin 2-0 atas Man City.

Di babak kedua, Pep Guardiola langsung melakukan perubahan taktik untuk mengejar defisit dua gol. Man City pun terus mengurung pertahanan Man United. Namun, sejumlah peluang yang dihasilkan lewat tendangan-tendangan jarak jauh tak mampu menjebol gawang Man United yang dikawal Andre Onana.

Man City mendapat peluang emas saat Erling Haaland berhasil menguasai bola di kotak penalti. Sayang, temabkan Haaland hanya mengenai mistar gawang. Selain itu, Julian Alvarez juga berhasil berhadapan langsung dengan Onana, namun tendangannya masih melebar.

Baca juga
Diwarnai Gol 13 Detik ke Gawang MU, Manchester City Juara Piala FA

Upaya Man City untuk mencetak gol akhirnya terjadi di menit ke-87. Jeremy Doku mengubah skor menjadi 1-2 lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Namun upaya Man City untuk mengejar ketertinggalan akhirnya pupus. Babak kedua pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Man United. Manchester United pun menjadi juara Piala FA 2023-2024.

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan mereka di ajang yang sama pada tahun lalu. Pada final Piala FA 2023, MU kalah 1-2 dari Man City.

Tambahan gelar ini membuat Man United kini mengoleksi 13 gelar Piala FA. Mereka hanya kalah dari Arsenal yang sudah mengoleksi 14 gelar juara.

Sementara itu, Man City harus mengubur harapannya menjadi tim pertama yang mampu mengawinkan gelar Premier League dan Piala FA selama dua musim beruntun.

Artikel lainnya: Heboh Oknum Polisi di Makassar Seret Istri Pakai Mobil Usai Ketahuan Selingkuh

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait