Bermodal Rp200 Ribu Masuk Pelatnas, Apriyani Kini Gondol Miliaran Rupiah

  • Arry
  • 3 Agt 2021 14:53
Pebulutangkis Apriyani Rahayu(bwf official/instagram)

Perjalanan karier Apriyani Rahayu sebagai pebulutangkis sungguh berliku. Namun, semuanya terbayar sudah di Olimpiade Tokyo 2020. Berpasangan dengan Greysia Polii, Apriyani sukses meraih medali emas ganda putri.

Ada peran Eng Hian dalam karier Apriyani. Eng Hian merupakan Kepala Pelatih Ganda Putri PP PBSI saat ini. Berkat tangan dingin dan dukungan penuh Eng Hian, Greysia/Apriani bisa mengalahkan pasangan China Chen Qingchen/Jia Yifan di laga final cabang olah raga bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020.

Dikutip dari laman badmintonindonesia.org, Eng Hian menceritakan kisah saat pertama kali bertemu dengan Apriyani. Saat itu, Eng Hian mengaku belum tahu siapa atlet yang cocok dipasangkan dengan Apriyani. Apalagi Greysia Polii berencana gantung saket saat itu.

"Saya belum bisa melihat siapa yang cocok dipasangkan dengan Apri. Kalau secara teknik, yang mendekati Apri sih ada, tapi secara mental dan kemauan, belum ada," ujar Eng Hian dalam wawancara yang diunggah badmintonindonesia.org seperti dikutip, Selasa (3/8/2021).

Pria yang pernah meraih medali saat Olimpiade Athena 2024 tersebut mengatakan rasa kagumnya terhadap pribadi Apriyani.

Baca Juga: Sempat Bikin Jokowi Deg-degan, Greysia/Apriyani Diundang ke Istana

Menurutnya, semangat Apriyani untuk menjadi atlet bulutangkis terbaik tidak pernah berubah sejak awal masuk ke Pelatnas Cipayung hingga saat ini.

"Cuma Apri yang datang ke saya waktu masuk pelatnas. Dia datang dengan cuma punya raket dan uang Rp200 ribu di tangan. Dia bilang dia mau jadi juara, terserah koh Didi [panggilan Eng Hiang] mau kasih program apa, saya siap. Itu dibuktikan sama dia, saat masih punya duit sampai sekarang sih tidak ada yang berubah, dari segi latihan dan kemauan masih sama," ujar Eng Hiang.

Eng Hiang berharap baik Apriyani dan Greysia Polii tidak mudah merasa puas. Dia mengaku jarang mengatakan apa-apa setelah pertandingan. Jika memang juara, lanjutnya, maka mulai dari nol lagi.

"Dalam hati tentu saya bangga sama mereka, luar biasa. Tapi saya nggak mau mereka puas di sini, jadi biasa saja. Habis juara, bagus, tapi itu di depan masih ada Olimpiade, target yang lebih besar lagi," lanjutnya.

Harapan tersebut diucapkan Eng Hiang setelah Greysia/Aprii memenangkan ajang Daihatsu Indonesia Masters 2020 (DIM). Pasangan rangking delapan dunia tersebut akhirnya menuntaskan dahaga gelar ganda putri di kandang sendiri usai mengalahkan Sara Thygesen/Maiken Fruergaard (Denmark) dengan skor 18-21, 21-11, 23-21.

Siapa sangka, semesta pun mendengarkan doa Eng Hiang. Setahun berselang, Greysia/Apriyani kini benar-benar menjuarai Olimpiade Tokyo 2020.

Sederet bonus telah menanti Apriyani dan Greysia sepulangnya ke Tanah Air. Tak hanya dari pemerintah, sejumlah pengusaha telah menjanjikan sejumlah hadiah untuk mereka yang berhasil meraih emas.

Apa saja bonus yang akan mereka dapatkan?

Baca Juga: Emas Olimpiade, Deretan Bonus Greysia/Apriyani: Duit Miliaran Hingga Kedai Baso Aci

Kemenpora telah berjanji memberikan bonus uang sebesar Rp 5 miliar untuk atlet yang telah meraih medali emas. Selain uang tunai, keduanya juga bakal mendapatkan sejumlah hadiah lainnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan mengajak Greysia dan Apriyani jalan-jalan ke enam destinasi unggulan sebagai bonus karena telah mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Tokyo.

“Kami akan berikan hadiah ke Greysia dan Apriyani untuk kunjungan ke lima destinasi superprioritas. Ditambah satu ke Wakatobi karena Apriyani berasal dari Sulawesi Tenggara,” kata Sandiaga dalam konferensi pers yang dihelat secara virtual, Senin, 2 Agustus 2021.

Selain itu, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut, telah menyiapkan hadiah berupa sebidang tanah bagi Greysia Polii yang berhasil menembus partai final. Atlet berusia 33 tahun asal Tomohon, Sulawesi Utara, itu akan mendapat hadiah seperti yang dituliskan di akun Facebook milik Wenny.

Selain itu, Youtuber, pengusaha dan juga selebgram Arief Muhammad sudah menyiapkan hadiah spesial jika ganda putri Indonesia Greysia/Apriyani mampu memenangkan partai final Olimpiade Tokyo 2020. Ia menjanjikan hadiah berupa 2 cabang gerai kuliner @basoaciakang yang akan diberikan kepada Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Selain itu, Gilang Widya Pramana sang Crazy Rich Malang akan memberikan bonus berupa uang Rp 500 juta untuk atlet yang meraih medali di Olimpiade Tokyo, termasuk di dalamnya Greysia / Apriyani. Gilang berharap apa yang dilakukannya ini bisa ditiru oleh pengusaha lain untuk mendukung atlet berprestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait