Sirkuit Kuda Lumping Untuk Formula E 2022 di Ancol, Begini Spesifikasinya

  • Arry
  • 22 Des 2021 11:38
Taman Impian Jaya Ancol(ancol/korporate.ancol.com)

Kawasan Ancol, Jakarta Utara, resmi ditunjuk sebagai lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022. Sirkuit ini akan diberi nama Jakarta International E-Prix Circuit atau JIEC.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E, Ahmad Sahroni. Menurutnya, sirkuit JIEC ini nantinya akan digunakan dalam Jakarta E-Prix 2022.

"Baru tadi pagi diberikan persetujuan sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah di Ancol," kata Ahmad Sahroni di Jakarta, Rabu, 22 Desember 2022.

Sahroni menelaskan, penentuan lokasi ini telah melewati serangkaian kajian dari pihak Formula E dan Federasi Otomotif Internasional atau FIA. Sahroni menyatakan, perhelatan Formula E di Jakarta akan digelar pada 4 Juni 2022.

Baca Juga
Formula E Akan Digelar di Ancol

Sahroni menjelaskan, pemilihan Ancol sebagai kawasan sirkuit Formula E karena wilayah ini merupakan tempat dinamis. Selain itu Ancol juga merupakan ikon Jakarta.

Sementara itu tempatnya tidak mengganggu masyarakat karena tertutup dari akses jalanan umum. "Tertutup untuk pelaksanaannya pada satu hari tanggal 4 Juni 2022," jelas Sahroni yang juga merupakan politisi Partai Nasdem itu.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto, menyatakan, Sirkuit Forula E Jakarta akan berbentuk kuda lumping.

"Filosofi kuda lumping ini adalah nasional, terus masalah ikonik Jakarta di sebelah kanan itu ada Jakarta International Stadium, stadion berkelas internasional yang megah sekali itu sebagai The New Iconic Jakarta," kata Widi.

Sementara itu, Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali, menyatakan, sebelum perhelatan Formula E, kawsan Ancol juga sudah pernah dipakai sebagai lokasi balapan internasional.

"Jadi, tahun terakhir balapan itu 1990, dimulai tahun 1970. Arealnya itu dari sini (Pantai Karnaval) sampai dengan nanti Gerbang Timur. Jadi, Ancol ditunjuk sebagai lokasi E-Prix ini akan mereview pengalaman nostalgia balap mobil di Ancol," kata Sahir.


Spesifikasi Sirkuit Formula E di Ancol

Spesifikasi Sirkuit Formula E di Ancol

Sirkuit Formula E di Ancol akan berbentuk kuda lumping. Sirkuit itu nantinya akan memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer yang berada di tengah-tengah kawasan Ancol.

Lebar sirkuit mencapai 16 meter dengan jumlah tikungan sebanyak 18.

Sirkuit ini nantinya juga akan tereedia trek lurus sebagai adu cepat pembalap. Trek lurus nantinya akan berjarak 600 meter dengan arah lintasan clockwise atau searah jarum jam.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait